Pendidikan

Dinas Dikpora akan Panggil Kasek SMPN 5 Soromandi

Bima, Bimakini.com.- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bimaakan memanggil Kepala SMPN 5 Soromandi, Murni, S.Pd, berkaitan dengan laporan dugaan pemotongan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM). Pemanggilan untuk klarifikasi akan dilakukan Rabu (16/5).

       Sebelumnya, pihak Dinas Dikpora mengaku tidak mengetahui kasus dugaan pemotongan hak siswa miskin itu. Mereka mengetahuinya  dari pemberitaan media massa. “Nanti Dinas akan mengonfirmasi Kasek untuk memertanggungjawabkan dana BSM itu,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Drs. M. Saleh Abubakar, di dinas setempat, Senin.

       Diakuinya, berdasarkan laporan yang disampaikan dalam surat pertanggungjawaban (SPJ) Kasek, dana BSM yang dimaksud sudah diserahkan semuanya kepada  siswa. Dalam SPJ itu, semua siswa sudah menandatangani sebagai bukti penerimaan. “Tapi, nanti tetap kita klarifikasi, apa benar atau tidak,” katanya.

       Mengenai penepatan Wakasek dijabat oleh pegawai non-PNS merangkap sebagai Kepala TU SMPN 5 Soromandi, Saleh mengatakan, jika itu sebenarnya tidak masalah. Wakasek merupakan jabatan yang membantu tugas-tugas Kasek, sehingga pengangkatannya bergantung pada Kasek. Itu pun ketika Kasek melihat potensi setempat.

       Dikatakannya, jika potensi SDM di SMPN 5 Soromandi terbatas atau tidak ada yang bisa diandalkan bisa bekerja sama dengan Kasek, maka penunjukkan Wakasek yang bukan PNS tidak masalah. Hal yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana melihat potensi dan bisa diandalkan membantu pekerjaan Kasek. “Siapapun bisa diangkat menjadi Wakasek yang dikehendaki Kasek,” tandasnya.

       Hanya saja, katanya, idealnya pengangkatan atau penunjukkan Wakasek mesti melalui pembahasan bersama komponen sekolah. “Tapi, itu adalah hak prerogratif Kasek,” katanya. (BE.19)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top