Pendidikan

Dinas Dikpora Kabupaten Bima Gelar OSN

Bima, Bimakini.com.-  Dinas Pendididikan, Pemuda,dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima mengelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP se-Kabupaten Bima, Sabtu (5/5)lalu. Kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 1 Monta itu diikuti 80 persen peserta dari 529  pendaftar. Matematika, Fisika, Biolagi,dan IPS terpadu adalah bidang studi yang dilombakan.

      Ketua panitia, Basyirun, M.Pd, mengatakan dari sejumlah peserta yang mengikuti lomba, akan dijaring tiga terbaik. Bagi tiga siswa pemenang lomba akan mendapatkan piagam  dan piala bergilir.Khusus juara satu dan dua, akan mendapat  beasiswa prestasi. “Lomba OSN diikuti sejumlah siswa se-Kabuapten Bima,”ujar Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Kabupaten Bima ini di SMPN 1 Monta, Sabtu. 

      Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bimamelalui Kabid Dikmen, Drs. M. Saleh, menjelaskan, lomba OSN merupakan kegiatan rutin yang diprogram oleh Pemerintah Pusat. Pelaksanaannya serentak seluruh kota/kabupaten pada setiap tahun.

         Dia mengharapkansetiap sekolah menyiapkan siswa agar berpartisipasi menyukseskan program tersebut. “Kami harap Kasek menyiapkan anak didiknya untuk ikut serta dalam program tersebut,“ katanya.

      Menurut Saleh, tujuan lomba OSN adalah untuk mengukur potensi siswa sesuai bidang studi yang ditekuni.Selain itu, untuk mengevaluasi sejauhmana pembinaan guruterhadap siswa. Peserta lomba adalah siswa kelas tujuh dan delapan. Mereka diseleksi untuk mengikuti OSN tingkat provinsi Juni 2012mendatang. “Mudah-mudahan mereka masuk ke tingkat Provinsi hingga Nasional,” ujarnya.

    Waktu yang disediakan panitia bagi peserta untuk mengerjakan soaladalah 15 menit. Jumlah pengawas sebanyak 25 orang dari Dinas Dikpora dan SMPN 1 Montayang bukan guru pelajaran OSN. “Hanya empat pelajaran umum yang dilombakan,”tandas Saleh. (K01)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top