Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Harapan Masyarakat saat Momentum Perayaan Hardiknas

Kota Bima, Bimeks.-  Rabu (2/5) ini peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dihelat. Seperti biasanya, beragam  refleksi dilakukan oleh berbagai pihak. Nah, apa saja harapan masyarakat dan akademisi Kota Bima saat Hardiknas sekarang?

     Akademisi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Drs. Nehru, M.Pd, mengharapkan pendidikan saat ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Program pendidikan nasional untuk mewujudkan pendidikan berkarakter khusus di Kota Bima saat ini belum sepenuhnya tampak. Padahal, pendidikan berkarakter sangat penting bukan hanya untuk menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) andal, namun juga  berkepribadian.

      Ilham meminta Wali Kota Bima, HM. Qurais, terus mendukung pemangku pendidikan agar bisa mewujudkan program pendidikan berkarakter. Selain itu, agar masa jabatan Kepala Sekolah (Kasek) diatur beberapa tahun saja dan menjadikan prestasi sebagai barometer kemampuan. “Wali Kota harus berani mengganti Kasek yang saat ini sudah menjabat hingga puluhan tahun. Kalau ingin pendidikan di Kota Bima maju sebaiknya tidak memikirkan efek politik atau kepentingan politik,” ujarnya, Selasa (1/5) di kampus setempat.

      Warga Kota Bima, Islamuddin, SPd.I, mengaku prihatin terhadap  perkembangan generasi saat ini. Pendidikan agama masih perlu ditingkatkan agar bisa mewujudkan pendidikan berkarakter, akhlak siswa dibina dan dibimbing karena perjalanan pendidikan siswa akan berkesinambungan.

   “Kalau saya bisa sarankan agar Wali Kota Bima mengganti pelajaran muatan lokal yang kerjanya hanya belajar seni dan lain-lain dialihkan untuk pembinaan Imtaq, saya yakin ke depan siswa dan generasi kita bisa lebih baik dan maju,” ujarnya di Sadia.

          Warga Kelurahan Monggonao, Lukman, SH, mengharapkan pendidikan saat ini harus lebih berorientasi pada pembinaan mental siswa. Dia melihat tidak jarang anak memukul orangtua, artinya pendidikan di sekolah masih belum maksimal.

          Kepala MAN 2 Kota Bima, Drs. H. Syahruddin, mengharapkan momentum Hardiknas bisa menjadikan pendidikan Kota Bima terus mengukir prestasi. Dia menginginkan pendidikan Kota Bima menjadi barometer bagi daerah lain. (BE.18)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait