Peristiwa

Meriah, Pawai Ta’aruf MTQ Dara

Kota Bima, Bimakini.com.- Pawai ta’aruf para duta Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Jumat (4/5) sore, berlangsung meriah. Peserta pawai mulai dari arena MTQ kemudian jalan keliling lingkungan Dara kembali ke terminal hingga ke arena MTQ.

       Peserta pawai diikuti kafilah dari berbagai RT dan RW di Kelurahan Dara, santri TPQ, dan warga setempat. Marching Band SDN 55 dan MTsN 1 Kota Bima, mengawali barisan pawai. Peserta disambut Lurah Dara, Baharudin, S.Sos, panitia, dan warga lainnya. Peserta melewati arena MTQ dipandu panitia, Syahbudin, S.Ag.

       “Kita harus meriahkan pawai ta’aruf ini karena kegiatan ini merupakan bagian dari syiar Islam. Kemeriahan ini akan memotivasi anak-anak untuk belajar Al Quran dan mengikuti lomba pada MTQ ini,” ujarnya di arena MTQ Dara, Jumat.

       Pawai tersebut, kata dia, mulai jarang dilakukan oleh beberapa kelurahan yang menggelar MTQ, padahal kegiatan itu merupakan bagian penting sebagai syiar agama. Oleh karena itu, Kelurahan Dara tetap menggelar pawai yang melibatkan ratusan anak-anak dan warga. “Ini sebagai wujud kebersamaan sebelum kita menggelar pembukaan MTQ tingkat kelurahan,” katanya.

       Pembukaan MTQ Dara dilakukan oleh Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman, SE. Usai pembukaan digelar lomba kasidah yang diikuti beberapa regu yang telah diundi penampilannya.

       Hal senada dikemukakan panitia lain, Faisaluddin dan Hairul. Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan peserta MTQ di Dara maju pesat dan tahun ini hampir seluruh kecamatan diikuti puluhan peserta. Panitia pun harus bekerja ekstra keras untuk menyelesaikan lomba hingga sesuai jadwal.

“Karena itu, pada malam pembukaan kita langsung menggelar lomba kasidah rebana,” ujar Khairul. (BE.13)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top