Peristiwa

Pekerjaan Fisik PNPM-MKot Dara Mencapai 95 Persen

Kota Bima, Bimakini.com.-Pengerjaan berbagai paket kegiatan fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  Mandiri Perkotaan (PNPM-MKot) Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat, hampir rampung dan mencapai 95 persen. Namun, kendala yang dihadapi rendahnya partisipasi masyarakat. Padahal, secara riil program itu membutuhkan dukungan 30 persen partisipasi masyarakat.

Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Ncuhi Dara Kelurahan Dara, Faisaluddin, mengatakan, paket kegiatan itu berkaitan dengan lingkungan pembangunan drainase sepanjang 200 meter di RT 01 Oi Tolo Dara, kemudian rabat gang 100 meter di RT 06 plus satu unit MCK, rabat gang di RT 09 Ama Hami plus satu unit MCK di RT 10 Bima Baru. “Sebagian pengerjaan sudah mendapatkan sertifikasi, sebagian lagi tinggal finishing. Paling lambat semua akan rampung dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya di Kelurahan Dara, Minggu (6/5).

            Paket kegiatan sosial, kata dia, telah menggelar pelatihan perbengkelan di Rw 01 dan RW 02, sedangkan dalam bidang ekonomi, memberikan modal bergulir pada enam kelompok dan masing-masing kelompok sebanyak lima orang dengan nilai Rp500 ribu/orang. Semua program terlaksana dengan baik, meski diakui dalam penataan lingkungan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi masih rendah.

“Ini juga berkaitan dengan kesibukan masing-masing, sehingga hanya sebagian yang terlibat dan mendukung penataan lingkungan itu. Padahal, yang diharapkan bantuan recara riil adalah 30 persen dan partisipasi masyarakat, tetapi banyak juga yang menganggap kegiatan ini adalah proyek,” terangnya.

            Hal senada dikemukakan Sekretaris BKM Ncuhi Dara, Nur Komariah, S.Pd dan Haris, SP. Program tersebut, katanya, baru tahap kedua dan masih ada lagi lanjutan program. Kegiatan itu mulai dikerjakan sejak bulan Maret hingga April, tetapi karena banyak kendala, sehingga molor hingga Mei. Namun, semua paket sudah dikerjakan tinggal finising saja. “Kita berharap seluruh kegiatan akan rampung paling lambat petrengahan Mei ini,” ujar Nur Komariah, S.Pd yang diamini rekannya. (BE.13)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top