Peristiwa

Qurais Harap Lahir Qari Internasional dari Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.-  Wali Kota Bima, HM. Qurais, mengharapkan momentum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada berbagai tingkatan bisa melahirkan qari-qariah yang mampu bersaing hingga level internasional. Sudah puluhan tahun, belum satu pun qari-qariah dari Kota Bima yang bisa menembus hingga level dunia.

Berkaitan dengan itu, dia sangat mengharapkan agar qari-qariah serius memelajari tilawah Al-Quran untuk mengharumkan nama Kota Bima hingga level internasional. Sejak H, Ramli Ahmad, sampai saat ini qari-qariah Kota Bima hanya mampu bersaing hingga level nasional. Qurais mengapresiasi prestasi itu.

      Dia mengaku bangga terhadap kemampuan qari-qariah dari Kota Bima yang mampu menebus hingga level nasional, namun perlu dimaksimalkan lagi, sehingga ke depan mampu bersaing. Dijelaskannya, kehadiran qari internasional setiap tahun saat HUT Kota Bima merupakan rangsangan dan motivasi bagi masyarakat agar secara serius mau belajar Quran.

“Saya sangat berharap momentum MTQ ini bisa melahirkan qari-qariah dari Kota Bima hingga level internasional,” ujarnya Kamis (25/5) malam saat menutup MTQ Kelurahan Paruga.

Untuk mewujudkan semua itu, menurutnya, peranan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) bisa dimaksimalkan lagi. Peserta ang memiliki kemapuan lebih sebaiknya diberikan pembinaan khusus dan terus diasah kemampuannya.          Peranan LPTQ sangat diharapkan dalam membina qari-qariah yang berkualitas..

Menanggapi harapan Wali Kota Bima, Sekretaris Umum LPTQ Kota Bima, Drs. Furqan, mengatakan LPTQ terus membina qari-qariah yang potensial untuk mengasah kemampuannya. Sebagai bentuk pembinaan, dievaluasi dan mengadakan studi banding mengenai pola pembinaan maupun bentuk bacaan.

Dikatakannya, pembinaan saja tidak cukup dan harus didukung dengan dana, sehingga qari-qariah yang memiliki kemampuan lebih bisa dikirim keluar daerah seperti Medan dan Jawa Barat. Jika itu bisa dilakukan, diyakininya  kedepan akan lahir qari-qariah yang mampu bersaing hingga level internasional. “Saya berharap pemerintah bisa mengalokasikan dana untuk hal itu,” harapnya. (BE.18)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top