Connect with us

Ketik yang Anda cari

Dari Redaksi

Hari Ini HUT Ke-12 Bimeks

HARI ini, Selasa 19 Juni, guliran waktu telah mengantar perjalanan Bimeks pada usia 12 tahun.  Suatu rentang perjalanan yang masih relatif muda. Jika dirunut dari usia manusia,  masihlah belia. Atau mengikuti perkembangan usia manusia, baru tamat Sekolah Dasar!

  Namun, kami tidak ingin terjebak pada alur umur. Kami menggantung impian tinggi sejak awal terbentuk.  Impian besar kami adalah menjadi media yang mampu menjawab kebutuhan (kehausan) informasi dan mencerahkan masyarakat. Disegani kiprahnya oleh semua pihak. Untuk mewujudkannya, tentu saja mesti dibarengi kerja keras dan kerja cerdas. Menerjemahkan visi pendiri, Ir. Khairudin M. Ali, M.AP, adalah tantangan besar yang mesti diupayakan sepanjang guliran waktu.      

  Seperti komitmen kami sebelumnya, performa selalu diupayakan terus lebih baik sebagai ekspresi hasrat menyuguhkan yang terbaik bagi Pembaca. Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan menjadikan media ini sebagai pilihan. Tanpa Pembaca, kami tidaklah berarti. Semoga kebersamaan ini tetap terjalin utuh.

  Kami tetap membutuhkan kritikan dan saran untuk menjaga irama kerja agar tetap dalam koridor. Dalam bahasa lain, kami membutuhkan ‘sparing partner’ sepadan untuk mengawasi pergerakan. Jika media adalah alat pengontrol, maka masyarakatlah yang mengontrol media massa agar tidak keluar dari khittah perjuangan.  

  Untuk menjaga kepercayaan Pembaca, kami berusaha mewujudkannya dalam komitmen sikap dan komitmen kerja. Komitmen terus belajar hingga batas terjauh. Sepenuhnya kami menyadari masih ada kekurangan pada berbagai sisi dan momentum hari ini adalah titik berangkat baru untuk berbenah.  

  Perjalanan Bimeks tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tantangan  kerap menghadang,  tekad, semangat, dan keberanian menerobos yang mampu mengantarkannya seperti sekarang. Kini sejumlah media lainnya hadir dari “rahimnya”, Bima TV, Radio Bima FM, dan Radio Citra FM, Percetakan Bimeks, dan terakhir portal online bimakini.com.

  Kehadiran situs berita online bimakini.com, diharapkan masyarakat di Bima maupun merantau pada berbagai belahan dunia, bisa mengikuti perkembangan daerahnya lebih cepat dari yang bisa dilakukan oleh media konvensional.  Bimakini.com diharapkan akan menjadi bacaan utama masyarakat Mbojo (Bima dan Dompu), karena bisa diakses dengan mudah. Bahkan, berita Bima sudah ada dalam genggaman karena bisa diakses melalui handphone.

  Sejumlah prestasi dan kepercayaan diberikan kepada  pimpinan dan kru Bimeks Group. Pimpinan Bimeks Group, Ir. Khairudin M. Ali, M.AP,  diundang oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk mengikuti program kunjungan. Program itu sebelumnya pernah diberikan kepada tokoh-tokoh Indonesia selevel Abdurrahman Wahid, Megawati, dan lainnya. Kehormatan itu menumbuhkan motivasi baru di kalangan keluarga besar Bimeks bahwa ada “mutiara dari Timur Indonesia” yang dilirik karena berbagai pertimbangan matang. Motivasi lainnya adalah potensi sumberdaya manusia di Bima umumnya bisa menembus areal publik (go public) atau “go international” asalkan terus belajar mengembangkan diri.     

  Selain itu, M. Nasir Ali, pernah meraih juara pertama Lomba Mengaji Antar-Wartawan tingkat Nasional tahun 2003 lalu. Hasil dari “suara emas” Nasir mengantarkannya menuju Tanah Suci Mekkah setelah mendapat undangan dari Menteri Agama RI. Nasir tidak terbendung setelah lolos seleksi di Bima, Provinsi NTB sebelum berlaga di Jakarta. Prestasi ini membanggakan, karena Bimeks merambah Indonesia dan sumberdayanya diperhitungkan.

  Sofyan Asy’ari, wartawan Bimeks, menambah koleksi penghargaan dengan meraih Handayani Award dari Gubernur NTB yang saat itu dijabat H. Lalu Serinata. Penghargaan itu diberikan karena konsistensi pemberitaan mengenai bidang pendidikan, mengalahkan duta media lainnya di seantero NTB.

  Penghargaan secara kelembagaan juga diberikan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kota Bima karena penilaian konsistensi pemberitaan di lingkungan pendidikan, khususnya sekolah dibawah naungan Kemnag. Selain itu, dianggap proporsional menyajikan berita dengan kemasan lugas dan kritis. Penghargaan itu diterima oleh Pemimpin Redaksi Bimeks, Muhammad Fikrillah, saat peringatan Hari Amal Bakti Kemnag, pertengahan Januari 2012 lalu. 

  Ada kado indah yang menyambut Hari Jadi ke-12 Bimeks. Sabtu (16/6/2012) lalu, Pemimpin Umum Bimeks, Ir. Khairudin M. Ali, M.AP, meraih predikat terbaik pertama dalam kategori Utama, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) NTB di Mataram. Keberhasilan itu menyisihkan 34 peserta lainnya dari berbagai media dan daerah di NTB. Tidak hanya itu, tiga besar yang lulus pada kategori Utama, mendapat kesempatan mengikuti pelatihan untuk menjadi penguji tingkat nasional.

  Kompetensi yang diakui oleh Dewan Pers itu ditularkan kepada segenap kru Bimeks dan menginjeksi motivasi wartawan NTB umumnya. Kesediaan diri untuk terus belajar adalah modal besar bermetamorfosa dan mengarungi belantara jurnalistik.   

  Kami tidak sedang membanggakan diri atau narsis, tetapi mencoba berbagi hal positif supaya menjadi motivasi  untuk melangkah ke depan.  Secara internal, apresiasi dari pihak luar terus kami jadikan cambuk baru untuk melecutkan semangat. Jika hanya berhenti pada sebatas kebanggaan atau tanpa diikuti semangat belajar, maka sesungguhnya penghargaan itu adalah racun.

  Menandai pertambahan usia Bimeks, kami menyiapkan acara syukuran bersama keluarga di wilayah Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Kemasan sederhana yang dihajatkan untuk saling mengakrabkan. Aspek ini penting untuk menjaga kebugaran di tengah dinamika tugas harian yang mesti berseiringan dengan dinamika dan mobilitas kehidupan. Kebersamaan adalah modal lain yang menopang eksistensi tim. 

  Akhirnya, menandai Hari Jadi ke-12 Bimeks, kami mengharapkan bisa terus hadir menyapa Pembaca, menawarkan menu yang lebih berkualitas, dan tampil lugas, elegan, dan mengemas informasi dalam spirit membangun. Komitmen kami sama seperti sebelumnya, menjadi media yang kritis, konstruktif, partisipatif, dalam semangat Kode Etik dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal. Semoga. (*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

SUATU hari pada Pilkada Kota Bima 2008 lalu, saya dihubungi oleh seorang calon Walikota. Beliau protes karena berita BiMEKS dianggap telah membunuh karakternya sebagai...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

Opini & Sudut Pandang

Oleh: Khairudin M. Ali*) SAYA sebenarnya sudah lama memprediksi dan mengingatkan semua pihak, sebelum ribut-ribut media mempersoalkan kerja sama dengan pemerintah seperti yang terjadi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-     Sejak Selasa (07/02/2017) lalu, Harian Bimeks tidak terbit karena ada kendala pada dinamo mesin. Kendala itu sudah diperbaiki pada akhir...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Penerimaan siswa baru serentak dilakukan setiap  SMA/SMK/MA di Kabupaten Bima, Senin. Setiap sekolah menyediakan program prioritas untuk menghindari  tawuran antarsiswa.  Sekolah Menengah...