Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Hasil UN SMP/MTs, Kota 99,74, Kabupaten Bima 99,91 Persen

Bima, Bimakini.com.- Pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dilakukan serentak Sabtu (2/6) lalu. Tingkat kelulusan siswa SMP/MTs di Kota Bima tahun ini mencapai 99,74 persen.   Di Kabupaten Bima, hasil UN tahun 2012-2013 ini juga meningkat. Naik sebesar 0,019 persen. Tahun 2010-2011 hasil UN sebanyak 99,83 persen, tahun ini  menjadi 99,91  persen.

Berdasarkan data dari Dinas Dikpora Kota Bima, dari 2.810 peserta UN tahun ini, sebanyak 2.803 siswa lulus dan tujuh orang lainnya tidak lulus. Mereka  adalah 2 siswa SMPN 12, 1 siswa SMPN 2 dan SMPN 4, dan 3  siswa SMP Imam Syafi’i.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, Drs. Suriadi, M.Pd, mengatakan pencapaian kelulusan  itu mesti ditingkatkan lagi dan mengapresiasi kerjakeras semua pihak  yang terus berusaha memajukan mutu pendidikan di Kota Bima.

     Menurutnya, untuk memajukan mutu pendidikan memerlukan kerjasama antara Kepala Sekolah (Kasek), guru dan siswa. Hal itu agar ke depan dunia pendidikan Kota Bima menjadi yang terdepan.

           Pada bagian lain, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora), Drs. Muhammad Saleh, menjelaskan, dari persentase tersebut jumlah peserta tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 11.453 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 11.443 dan gagal 10 orang. Tahun lalu, pesertanya 11.808 dengan kelulusan 11.788 siswa dan gagal sebanyak 20 orang.

           Peningkatan tersebut, ungkapnya, secara komulatif peringkat persentase Kabupaten Bima berada pada posisi ketiga  di NTB. Pada jenjang SMP, Kabupaten Bima menempati posisi kelima dan MTs menempati posisi ketujuh. Termasuk juga peringkat SMP Terbuka berada pada urutan ketiga.

      Katanya, bagi siswa yang tidak lulus diharapkan mengikuti paket B. “Jika tidak ingin ikut paket B, diharapkan bisa ikut tahun depan. Begitu juga dengan siswa SMA sederajat untuk mengikuti ujian paket C,” jelasnya.

 

  Saleh mengaku telah mengadakan rapat dengan seluruh Kepala Sekolah (Kasek) untuk meningkatkan pencapaian kelulusan. “Kemarin kami sudah rapat dengan seluruh Kasek untuk meningkatkan kompetensi serta capaian hasil UN ke depan,” ujarnya.

   Kasek diminta bisa mencari kiat pembelajaran  untuk mengurangi siswa yang tidak lulus. Walaupun hanya delapan siswa yang tidak lulus, menurutnya, pencapaian UN belum maksimal dan perlu ada langkah-langkah kongkrit untuk membangun mutu pendidikan.

          Tidak hanya itu, Kasek dan guru diharapkan bisa meningkatkan kedisiplinan, sehingga penyampaian materi pendidikan untuk memaksimalkan peranan Kasek dan guru. Dia menilai masih ada beberapa Kasek dan guru yang belum disiplin.

    Guru juga dimintanya agar meningkatkan kompetensi, karena strategi pembelajaran guru menentukan  tingkat penyerapan siswa dalam memahami pelajaran dan bisa menerapkannya saat ujian semester maupun UN. Kepada siswa, dia meminta agar serius mengikuti proses belajar-mengajar dan mengedepankan kepentingan masa depan.

          Dikatakannya, jika komponen itu bisa membangun kerjasama, ke depan tidak ada lagi siswa SMP di wilayah Kabupaten Bima yang tidak lulus. Dia mengharapkan ke depan semua pihak membangun dunia pendidikan  untuk menyiapkan generasi berkualitas. (BE.20/BE.18)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

Berita

SEMUA yang bernyawa pasti akan mati sebagaimana firman Allah: “Dan sekali kali tidak akan menangguhkan kematian seseorang apabila telah datang waktu kematiannya, dan Allah...