Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Imbangi Suhu Politik Daerah, Kamtibmas mesti Diperhatikan

Kota Bima, Bimakini.com.- Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Bima akan dihelat pada tahun 2013 mendatang. Dipastikan eskalasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) akan tinggi, seiring mulai perubahan suhu politik. Untuk itu, peran Lurah dan Camat harus lebih maksimal lagi memerhatikan masyarakat.

Demikian diingatkan Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman, SE, Kamis (31/5) saat rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) merespons berbagai persoalan Kamtibmas yang semakin meningkat di Kota Bima.

Diakuinya, sebulan terakhir konflik sosial yang muncul di Kota Bima meningkat, seperti kasus dugaan dukun santet di Kelurahan Manggemaci, pertikaian antarwarga Kolo dan Melayu, dan terakhir bentrokan warga saat hiburan malam yang dipicu persoalan sepele. Beberapa kasus itu menjadi catatan bahwa penjagaan Kamtibmas Kota Bima harus kembali ditingkatkan.

“Saya minta kepada Lurah dan Camat agar bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah konflik, sebab kalau konflik sering terjadi kita tidak akan fokus pada pembangunan,” ujarnya di aula kantor Pemkot Bima.

Katanya, Pemkot Bima harus melaksanakan pembangunan, tetapi hal itu akan sulit jika kondisi Kamtibmas menjadi persoalan yang harus ditangani. Untuk itu, diperlukan langkah tepat  untuk mencegahnya, sehingga tidak menghambat program pembangunan.

Kapolres Bima Kota, AKBP, Kumbul KS, S.IK, SH menyampaikan bahwa Kamtibmas pada prinsipnya bukan saja tanggungjawab Kepolisian, tetapi masyarakat juga harus ikut berperan. Seperti bekerja sama menyampaikan informasi kepada Kepolisian tentang berbagai penyakit sosial.

Bahkan, tegasnya, jika ada oknum anggota Kepolisian yang terlibat dalam praktik perjudian, Miras atau Narkoba, segera melaporkannya sehingga bisa diberikan sanksi pidana maupun sanksi internal institusi Kepolisian.

“Secara umum, pemyakit masyarakat ini ibarat rumput, tidak bisa cukup dicabut saja. Tetapi, harus dipikirkan cara mencegahnya, jika hanya hanya dicabut maka pasti akan tumbuh lagi,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta Kapolsek, Lurah dan Camat bisa berperan maskimal mengamankan dan mengontrol wilayah pimpinannya masing-masing, sehingga bisa dicegah gangguan Kamtibmas yang muncul. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Paska digelarnya pesta demokrasi serentak pada 14 Februari lalu, Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo SIK., MIK, mengimbau kepada warganya agar tidak mudah terprovokasi...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Setelah berlangsungnya proses pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu Serentak 2023-2024, Kapolres Bima Kota, AKBP YUDHA PRANATA, S.I.K.,S.H, mengimbau warga untuk...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Menjelang pesta Demokrasi serentak di Februari 2024 mendatang, Polres Bima Polda NTB dan Polsek jajarannya meningkatkan patroli dialogis di wilayah hukumnya. Seperti...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilu Serentak 2024, personel gabungan Piket SPKT Polsek Asakota Polres Bima Kota melaksanakan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pemilu Tahun 2024, jajaran Polres Bima Kota Polda NTB terus meningkatkan upaya preventif dengan intensifikasi patroli...