Peristiwa

Jelang Ramadhan Lantunan Al-Quran terus Digaungkan

Foto: IST.

Kota Bima, Bimakini.com.-   Menjelang bulan Ramadan, lantunan ayat-ayat Al-Quran di Kota Bima terus digaungkan. Beberapa waktu lalu, pada 38 Kelurahan di Kota Bima serentak melaksanakan Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kelurahan. Kini MTQ tingkat Kecamatan sedang dilakukan.

Beberapa waktu lalu, MTQ tingkat Kecamatan Raba ditutup, lalu disambung pembukaan MTQ Kecamatan Rasanae Timur. Secara berturut-turut dari 18 Juni  disusul pembukaan MTQ Kecamatan Mpunda pada 19/6, Kecamatan Rasanae Barat (20/6), dan Kecamatan Asakota (21/6).

    Tidak selang perhelatan MTQ tingkat Kecamatan, di Kota Bima akan dilakukan safari haflah bersama qari internasional Ustadz H. Darwin Hasibuan pada lima kecamatan. Terakhir safari haflah itu akan dirangkaikan dengan pembukaan MTQ tingkat Kota Bima, 9 Juli nanti.

    Sekretaris Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Bima, Drs. Furqan, mengatakan penjadwalan penyelenggaraan MTQ dari tingkat Kelurahan hingga tingkat Kota Bima oleh LPTQ bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sengaja disusun jadwal beruntun agar Quran terus  bergaung.

Menurutnya, penjadwalan itu untuk menarik perhatian masyarakat dalam mewujudkan program Magrib Mengaji, Bima Berzakat, dan Pembumian Al-Quran.

     Katanya, terus bergaungnya lantunan Quran

menjelang bulan Ramadan, ada dampak yang ingin diharapkan. Saat Ramadan nanti, umat Islam serentak melantunkan Al-Quran melalui pengeras suara di masjid dan rumah. LPTQ bersama Pemkot Bima dan lembaga agama lainnya, seperti Majelis Ulama Indonesia, Panitia Hari Besar Islam, dan Dewan Masjid Indonesia,  terus mengupayakan untuk mewujudkan program Magrib Mengaji.

“Kami sengaja menjadwalkan seperti itu, agar program Magrib Mengaji dan lainnya bisa diwujudkan, karena dengan jadwal yang beruntun seperti ini, masyarakat akan tertarik pada  Quran,” ungkapnya. (BE 18)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top