Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Massa LMND Sorot Cara Kepolisian Amankan Aksi

Bima, Bimakini.com.- Massa Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) wilayah Bima, Kamis (31/5), menggelar aksi di persimpangan Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Mereka menyorot perlakuan tidak nyaman aparat Kepolisian saat mengamankan aksi mereka dua hari lalu di depan Mapolres Bima Kota.

Dalam tuntutannya, massa meminta Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS, S.IK, SH, membina sejumlah bawahannya yang dinilai tidak menerapkan nilai-nilai demokratis saat merespons aksi solidaritas  untuk rekan mereka yang ditahan di Minahasa Sulawesi Utara.

“Kami merasa sangat dihina dan dilecehkan oleh aparat Kepolisian di Kota Bima karena saat aksi kami diejek dan diolok-olok,” jelas Syarif Bimbim, Ketua LMND NTB di lokasi aksi.

Saat aksi itu, mahasiwa membakar ban bekas di tengah persimpangan jalan. Tidak hanya itu, aksi sempat memanas ketika mereka menghadang mobil berplat merah EA 8 X yang ditumpangi seorang dokter yang hendak ke Kota Bima.

Massa bersitegang dengan aparat Kepolisian karena memaksa menyandera mobil tersebut. Sang dokter dan penumpang yang belum diketahui identitasnya terpaksa turun dan diamankan oleh aparat Kepolisian.         Hingga akhir aksi, mobil dinas yang dinaiki mahasiswa namun tidak sampai dirusak.

Meski aksi itu digelar di persimpangan jalan, tetapi tidak sampai memblokir akses jalan. Tuntutan lainnya  adalah meminta Kapolri segera membebaskan rekan mereka yang ditahan di Minahasa saat demo menolak izin pertambangan.

Selain itu, massa juga mendesak pimpinan Kepolisian menindak anggotanya yang dinilai selalu menggelar operasi razia kendaraan bermotor, tetapi tidak memiliki surat perintah resmi. Operasi yang dinilai ilegal itu justru semakin tidak menertibkan kendaraan dan hanya meraup keuntungan saja.

Usai menyampaikan orasi, perwakilan massa, Faisal, menyerahkan pernyataan sikap mereka kepada Waka Polres Bima Kabupaten, Kompol Hasripuddin, S.IK di lokasi.

Saat itu, Hasripuddin mengatakan akan menampung semua bentuk aspirasi yang disampaikan dan akan berkoordinasi dengan pimpinannya. Berkaitan dengan keluhan pelanggaran anak buahnya, dimintanya langsung melaporkan semua identitasnya kepadanya agar ditindak jika memang melanggar. (BE.20)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Massa Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Komisariat STKIP Bima menggelar aksi di depan Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, Senin (10/4/2017). Aksi...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Eksekutif Kota Ligà Mahasiswa Nasional Demokrasi (Ek – LMND) Kota Bima, Selasa (04/4/2017) menggelar aksi di...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Jajaran Polres Bima Kota berhasil mengamankan kendaraan yang mengangkut pupuk bersubsidi, Senin (26/9) di Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima. Pupuk itu...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Rumah Cita dan Gerakan Masyarakat Pemilih Cerdas (Gema-Pis) kembali menggelar aksi bagi bunga pesan Pilkada Damai. Jika sebelumnya di Tente, kini aksi...

Politik

Dompu, Bimakini.com.- Kami datang dengan damai. Itu judul selebaran yang dibagikan saat aksi mimbar demokrasi di Jalan Soekarno Hatta, Dompu, Jumat (20/11/2015) pagi. Semakin...