Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pegawai Honor Dompu Pertanyakan Status

Dompu, Bimakini.com.-  Sejumlah pegawai Honor Daerah yang tidak terakomodir dalam data induk (data base) hasil  pengumuman BAKN beberapa waktu lalu, terus memertanyakan status mereka. Sesuai janji pihak pemerintah, pegawai honor yang tidak masuk dalam data base yang lulus hasil pengumuman BAKN bulan lalu, akan didata  ulang atau masuk dalam K2.

Rasidah, pegawai  honor, mengharapkan pemerintah terus memerjuangkan nasib tenaga honor yang tidak terakomodir beberapa waktu lalu. Kalau mengacu kepada aturan dan PP 48/ 2005 lalu,  mestinya masuk pada verifikasi K1. Namun, entah mengapa hal itu bisa terjadi.

Oleh karena itu, diharapkan pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dompu serius mendata  tenaga honor yang memang sudah memenuhi persyaratan. Kesalahan pendataan akan mengakibatkan nasib mereka terkatung-katung. “Kalau dari segi persyaratan sih kami sudah masuk,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

    Hal senada juga dikeluhkan pegawai honor lainnya, Usman. Dia meminta agar  tim pendataan dan verifikasi tenaga honor tahap kedua ini bekerja dan mendata tenaga honor yang benar-benar memenuhi syarat dan bukan direkayasa. “Kalau memang memenuhi syarat kenapa tidak nama tenaga honor dikirim ke BAKN,” ujarnya.

      Cara itu, katanya, tidak akan  merugikan tenaga honor yang memang sudah lama mengabdi dan  telah memenuhi persyaratan, seperti yang diminta oleh BAKN. Kasus tenaga honor beberapa waktu lalu merupakan pelajaran berharga bagi pemerintah dan semua pihak  agar lebih selektif lagi saat memverifikasi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku. “Kasus kemarin bisa diambil hikmahnya,” ujarnya.

      Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten  Dompu, H. Agus Bukhari, SH, M.Si, mengatakan masalah pendataan dan verifikasi tenaga honor tahap kedua sudah tuntas dan data itu sudah dikirim ke BAKN. Tugas Pemkab Dompu  hanya mendata dan memverifikasi sesuai aturan dan perundangan yang berlaku. “Pendatan tenaga honor sudah clear, bahkan nama-nama itu sudah dikirim,” ujarnya dan menambahkan tinggal sekarang menunggu hasil verifkasi BAKN.

Informasi yang diperoleh Bimakini.com di BKD Dompu, tahun ini sesuai hasil verifikasi tim, sebanyak 791 nama tenaga honor yang dikirim ke BAKN. Sejumlah tenaga honor  pendataan tahap kedua itu sesuai permintaan pihak BAKN. Namun, karena persyaratan tenaga honor tahap kedua ini harus digaji dari dana bukan APBN dan APBD maka jumlah yang diminta itu tidak memenuhi kuota. Pemerintah pun mengirim nama-naman tenaga honor yang digaji dari APBN dan APBD.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Masih dari informasi itu, karena kebanyakan tenaga honor sekarang semuanya digaji dari dana APBN dan APBD, hanya sebagian kecil di luar itu. Contohnya  yang digaji dari dana proyek dan BOS. (BE.15)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

  Dompu, Bimakini. – Ratusan warga dan Perangkat Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu antusias mengikuti program vaksinasi COVID-19 dosis pertama oleh petugas Kesehatan Puskesmas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai mampu memenuhi hak anak, Kabupaten Dompu dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dari tingkat Pratama pada 2020 menjadi tingkat Madia...

Berita

TIBA-TIBA saja kita dikejutkan oleh sejumlah penemuan. Tumbuhan yang sebelumnya biasa saja, dibuang-buang, menjadi luar biasa dan ada yang dijuluki miracle tree (pohon ajaib)....

Pendidikan

Dompu, Bimakini.- Sejumlah pimpinan perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam Forum Komunikasi (Forkom) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bima – Dompu (Bidom) menggelar pertemuan, Kamis...

Jalan-jalan

Dompu, Bimakini.- Anda pernah mendengar Pantai Ombo  di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu? Saat ini merupakan destinasi baru wisata yang  ramai dikunjungi warga....