Olahraga & Kesehatan

Ratusan Warga Ikuti Aksi ‘Seribu Kantung Darah’

Kota Bima, Bimakini.com.- Ratusan warga Kota Bima, Sabtu (16/6) pagi, mengikuti aksi “Seribu Kantung Darah” yang dihelat Komunitas Salaja Mbojo (Kosambo) Bima. Kegiatan donor darah itu bukanlah seperti pada umumnya, karena bagi warga yang menyumbangkan darahnya berhak mendapatkan kupon untuk diundi dan bakal mendapatkan beragam hadiah menarik.

Polesan kegiatan itu, rupanya menarik perhatian warga sehingga pada Minggu ketiga pelaksaannya tercatat sudah 100 lebih warga yang mendonorkan darahnya. Panitia yang dibantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Bima pun mengaku sampai kehabisan tempat penyimpanan kantung darah.

Ketua Panitia Kegiatan, Irfan Heflin, S.Sos, mengaku pelaksanaan kegiatan dengan pengundian hadiah itu sebagai metode agar menarik perhatian warga sehingga berpartisipasi dan beramal menyumbangkan darahnya. Seringkali pasien di RSUD Bima kesulitan mencari darah, karena kehabisan stok.

Kegiatan amal itu, katanya, akan dilangsungkan selama sebulan secara marathon, dimulai 2 Juni lalu hingga 1 Juli mendatang setiap hari Sabtu dan Minggu. Puncaknya, pada tanggal 25 Agustus nanti semua warga yang mengikuti donor darah akan diundi untuk mendapatkan beragam hadiah menarik yang disiapkan panitia.

Tidak hanya pendonor, jelasnya, kelurahan dan kecamatan yang mampu menyetorkan banyak warga pendonor akan diberikan hadiah khusus yakni masing-masing satu unit laptop. Namun, diakuinya, hingga kini belum ada kelurahan yang menyetorkan nama warga pendonor.

“Kami berharap Lurah dan Camat bisa bekerja sama dengan kami sesuai surat imbauan Wali Kota Bima yang telah disampaikan langsung pada mereka,” harap Ir. Irwan, Sekretaris Panitia.

Irwan mengaku, optimis target ‘Seribu Kantung Darah’ mampu tercapai sebelum pelaksanaan kegiatan berakhir. Namun, hal itu akan tercapai jika ada kerjasama antara pihak kelurahan dan kecamatan dengan panitia. “Alhamdulillah animo warga yang mendaftar langsung pada panitia terlihat, meski belum ada daftar pendonor yang diserahkan kelurahan,” ujarnya.

Pendonor, Syahrul Jaya, M.Pd, menilai kegiatan itu sangat positif, karena bisa ikut membantu sesama sehingga siap mendukung hingga akhir. Untuk itu, dia mengharapkan pemerintah terlibat menyukseskannya melalui kerjasama yang baik.

“Kami menyambut baik kegiatan ini dan saya kira semua harus mendukungnya,” ujar Syahrul, yang juga Pjs Ketua GP Ansor Kota Bima ini. (BE.20)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top