Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Sape Juara Umum MTQ Kabupaten Bima

Bima, Bimakini.com.-   Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Bima ke-25 Tahun 2012 yang digelar selama enam hari di lapangan Desa Sie Kecamatan Monta, mengukuhkan Kecamatan Sape sebagai juara umum. Duta Sape meraih lima medali emas, tujuh perak, dan tiga perunggu dengan jumlah nilai 49.

Posisi kedua dirai Kecamatan Bolo dengan perolehan lima emas, dua perak, dan tiga perunggu dengan jumlah nilai 34. MTQ tahun ini, menempatkan Kecamatan Wera pada posisi ketiga dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu dengan jumlah nilai 32.

Kemudian, Kecamatan Lambu dengan perolehan 3 medali emas, 5 perak dan 2 perunggu dengan jumlah nilai 32.

Selanjutnya peringkat lima adalah Kecamatan Madapangga yang meraih 1 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu dengan jumlah nilai 19. Peringkat enam Kecamatan Palibelo dengan perolehan 2 medali emas, 1 perak dan 5 perunggu dengan jumlah nilai 18.

       Selanjutnya, peringkat tujuh Kecamatan Monta dengan perolehan 1 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu dengan jumlah nilai 16.

      Peringkat delapan ditempati Kecamatan Tambora dengan perolehan 2 medali emas, 1 perak dengan jumlah nilai 13.  Peringkat sembilan Kecamatan Donggo dengan perolehan 1 menali emas, 2 perak dengan jumlah nilai 8. Peringkat sepuluh Kecamatan Woha dengan perolehan 1 mendali emas, 3 perunggu dengan jumlah nilai 8.

       Peringkat sebelas direbut Kecamatan Belo dengan nilai 6. Kemudian berturut-turut Kecamatan Langgudu dengan nilai 5, Kecamatan Soromandi dengan nilai 5, Kecamatan Lambitu dengan nilai 5, Kecamatan Wawo dengan nilai 4, Kecamatan Sanggar dengan nilai 3 dan Ambalawi dengan nilai 1.

     Juara cabang Tilawatil Qur’an yaitu muratil terbaik I Andi Miftahuddin Ihsan dengan perolehan nilai 287 (Lambu), disusul M. Aguslino (Monta) dan Budi Diliyanto (Wawo). Golongan anak-anak qari terbaik diraih, Irwansyah (Tambora), disusul Taufik Ahmad (Palibelo).

       Qariah terbaik diraih, Nurhasanah (Madapangga). Untuk golongan dewasa Qari terbaik diraih Abubakar (Monta) dan Qariah terbaik Lulu Purwati (Langgudu).

      Hadiah bagi para juara berupa satu unit sepeda motor untuk juara I dewasa putra/putri, remaja putra/putri pada semua mata lomba, Haflah Al-Quran 5 juz putra/putri, juara I, II, II MTQ dan untuk kecamatan pelaksana. `

       Hadiah hiburan lainnya adalah satu unit kulkas untuk juara pertama, TV 21 inci untuk juara kedua, TV 14 inci untuk juara ketiga, dan juara harapan mendapat minicompo. Selain itu, para juara juga mendapat uang pembinaan senilai Rp750 ribu untuk juara pertama pada semua golongan, Rp500 ribu untuk juara kedua, Rp400 ribu untuk juara ketiga, dan juara harapan mendapat Rp300 ribu.

   Pretasi Kecamatan Sape itu merupakan yang kelima kali meraih piala bergilir Bupati Bima. Pada tahun 2008-2010 piala bergilir Bupati Bima telah menjadi hak milik Sape, periode 2011-2012 juga secara beruntun menjuarai MTQ.  

       “Ini merupakan kado terindah buat saya menjelang purnatugas mengabdi pada negara sebagai Camat Sape,” ujar Camat Sape, Juwaid, S.Sos, usai menerima piala bergilir dari Bupati Bima, Minggu (24/6) malam.

     Kafilah Sape, katanya, memiliki kiat khusus memertahankan juara, terutama segala bidang memiliki duta, sehingga banyak mengoleksi poin penentu sebagai juara umum. “Saya bahagia bisa meninggalkan prestasi yang baik Kecamatan Sape. Tentu ini harus menjadi fokus perhatian bagi camat yang akan datang,” katanya. (BE.13)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Laju Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima selenggarakan pawai ta’aruf pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 40. Pawai ta’aruf tersebut, dimeriahkan oleh...

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Musbaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kelurahan Penatoi resmi di buka, Kamis (27/5/2022). Kegiatan yang digelar di Mushola lingkungkungan setempat tersebut, juga dihadiri...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar rapat kerja di Masjid As – Suada desa setempat, Sabtu...