Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SDN 49 Gelar Khataman Masal dan Pelepasan Siswa

Kota Bima, Bimakini.com.-  Sekolah Dasar Negeri (SDN) 49 Kota Bima, Kamis (21/6), menggelar acara khataman masal dan pelepasan siswa kelas VI yang telah menyelesaikan pendidikannya. Acara yang biasa diselenggarakan setiap akhir tahun dan pergantian semester itu, dirangkai pesta kenaikan kelas bagi siswa kelas I hingga kelas V.

Kepala SDN 49 Kota Bima, Hj. Arabiah, S.Pd, mengungkapkan kegembiraan terhadap siswa binaannya. Tahun ini, siswa mampu meraih prestasi membanggakan dibanding tahun sebelumnya. Mereka berhasil lulus sempurna dan menempati peringkat ketiga dalam perolehan hasil Ujian Nasional (UN) se-Kota Bima.

Tidak hanya itu. Prestasi lain juga mampu ditunjukkan siswa,  yakni berhasil menyisihkan pesaing dari sekolah lain di Kota Bima dalam Lomba Cerita Rakyat. Hal itu, mengantarkan salahsatu siswa bersaing ke tingkat Provinsi NTB. Pada lomba pidato Bahasa Inggris juga, satu siswa sekolah setempat berhasil meraih juara.

         Wanita yang baru dua bulan lebih memimpin SDN 49 ini, mengaku, bangga dengan kebersamaan dan kerjasama ntara guru, orangtua murid, dan Komite Sekolah. Hal itu menjadi modal mengembangkan sekolah menjadi lebih maju dan mampu menjadi yang terbaik.

         Dia mengutarakan beberapa kekurangan sekolah yang masih harus dibenahi bersama. Seperti kondisi atap sejumlah ruangan kelas yang bocor, sehingga mengganggu aktivitas belajar ketika hujan.

         Selain itu, pagar sekolah yang masih belum permanen dan mengimpikan memiliki marching band. “Ini ‘pekerjaan rumah’ bersama bagi kita, pihak sekolah, dan orangtua murid, terutama komite sekolah untuk membenahinya,” ujar Arabiah.

         Kegiatan berlangsung meriah. Penampilan siswa dengan berbagai kreativitas dan seni, menyemaraki acara perpisahan itu. Seperti seni tari padang pasir (Arab), tarian Indra Jamrud yang mengisahkan seorang pemuda mencuri selendang tujuh bidadari, parade puisi yang dibawakan dengan penuh penghayatan, dan khataman masal mengundang decak kagum penonton.

         Selain penampilan itu, pihak sekolah juga memberikan penghargaan kepada 10 siswa yang meraih nilai Ujian Nasional tertinggi serta pemberian cindera mata kepada sejumlah pensiunan guru dan Kepala SDN 49. (BE.20)  

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Mewujudkan pembangunan Kabupaten Bima yang RAMAH dan membumikan Al Quran, Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, membuka khataman massal tingkat Kabupaten...

Pendidikan

Bima,Bimakini.- Ribuan peserta khataman massal Al-Qur’an jenjang SMA sederajat yang diselenggarakan oleh Layanan Dikmen PL-PLK Kabupaten Bima memadati Paruga Na’e Bolo, Jum’at (15/12). Hadir...

Opini

Oleh: Abdul Barry, S.Pd   DALAM pendidikan formal, ijazah dan ilmu adalah dua sisi yang saling berkaitan, bahkan seperti pasangan sejoli yang serasi dan...

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan apresiasi atas upaya masyarakat yang secara mandiri melaksanakan kegiatan khataman massal di Desa Mandala Kecamatan...