Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

SMAN 4 Tambah Kuota Siswa Baru

Kota Bima, Bimakini.com.-  Siapa bilang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Bima “tempat buangan” siswa atau alternatif setelah sekolah favorit lain. Buktinya, tahun ini sekolah setempat diminati 476 orang pelajar. Hanya saja, karena keterbatasan kuota, sekolah tersebut hanya menerima 360 siswa atau 10 kelas.

Kepala SMAN 4 Kota Bima, Muhtar, S.Pd, mengatakan, jumlah siswa baru yang diterima meningkat drastis jika dibandingkan tahun 2011 lalu hanya enam kelas dengan daya tampung maksimal 36 siswa per kelas. “Alhamdulillah siswa baru yang kami terima tahun ini meningkat drastis menjadi 10 kelas, peminat sangat banyak, namun karena keterbatasan kuota, lebihkurang ada 100 yang tereliminir, kami mohon maaf,” katanya di SMAN 4, kemarin.

      Mantan guru SMAN 1 Kota Bima ini menyebutkan, proses seleksi berakhir Sabtu pekan lalu disusul pengumuman Senin lalu. Secara umum, sesuai kesepakatan bersama, sekolah setempat memrioritaskan pelajar asal Kota Bima dan hanya menyiapkan kuota 10 bagi siswa dari luar kota. “Pengumuman hasil disusul dengan penentuan kenaikan kelas bagi siswa kelas satu dan dua,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

      Dikatakannya, sesuai jadwal yang ditetapkan sekolah setempat, Masa Orientasi Siswa (MOS) akan dilaksanakan mulai 28 Juni, namun karena ada penetapan jadwal dari Dinas Dikpora, kegiatan itu dipercepat pada 25-27 Juni. “Selama ini untuk sosialisasi penerimaan siswa baru, kami harapkan peran dari para alumnus dan kami maksimalkan melalui website sekolah,” katanya.

     Muhtar menyebutkan, selain meraih nilai Ujian Nasional (UN) maksimal 100 persen, belum lama ini siswa SMAN 4 meraih sejumlah prestasi akademik dan ekstrakurikuler bergengsi seperti juara 3 pencak silat tingkat Provinsi NTB, juara 3 lomba Bahasa Inggris Kota Bima, juara 1 lomba menulis cerpen Kota Bima, juara duta baca tingkat NTB.

Selain itu, sejumlah siswa setempat terpilih menjadi duta Kota Bima untuk lomba cerdas cermat Koperasi tingkat NTB. “Sejumlah prestasi membagakan ini tidak terlepas dari peran dan partisipasi orangtua melalui Komite Sekolah. Selama ini sangat mendukung segala program sekolah, bahkan termasuk fisik,” ujar pria asal Kecamatan Sape ini.

      Pada bagian yang sama, Ketua Komite SMAN 4 Kota Bima, Drs. Juanda, M.Pd, mengaku puas melihat sejumlah prestasi yang diraih sekolah setempat. Selama ini, Komite selalu menjalin kerjasama dan komunikasi dengan sekolah, bahkan menggagas studi kemitraan dengan SMAN 5 Surabaya untuk meningkatkan kualitas siswa dan guru.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami menyadari tanpa peran Komite maka program sekolah tidak akan optimal, sehingga kami selalu berupaya maksimal untuk mendukung program sekolah. Alhamdulillah juga kami bisa mengembangkan fisik dengan dukungan Komite dan Bansos,” katanya.

      Dosen STKIP Bima ini optimis kekompakan Komite dengan sekolah, maka prestasi akademik dan nonakademik akan semakin meningkat. Perhatian masyarakat yang ditandai peningkatan peminat atau siswa baru juga berkat sejumlah prestasi yang diraih SMAN 4.

“Secara umum memang partisipasi orangtua belum merata karena memang latar belakang orangtua murid bervariasi, tapi kami selalu berupaya yang terbaik untuk mendukung program sekolah,” katanya. (BE.17)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Kota Bima, Bimakini.-  Video viral anak SMA yang protes Polantas dengan bahasa Bima, kini makin populer saja. Di fanpage Otosia.com, hingga Kamis pagi, 3...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kegiatan pencetakan sawah baru di So Mboda Rato Desa Rato Kecamatan Bolo, diklaim dari dana aspirasi anggota DPRD Kabupaten Bima, Ahmad Dahlan,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Woha menggelar debat calon Ketua Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) tahun 2016-2017 di aula sekolah setempat,...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Duta Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Bima, meraih juara I pada lomba cerdas cermat kebanksentralan tingkat Pulau Sumbawa di...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pelajar kelas II SMPN 1 Belo Kabupaten Bima, Elfi Sukaesi, mendapatkan beasiswa prestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, Selasa (20/09).  Remaja ...