Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tingkatkan Tupoksi BP-UPK, PNPM MPD Gelar Pelatihan

Bima, Bimakini.com.-  Untuk meningkatkan peran Badan Pengawas (BP) Unit Pelaksana Kegiatan (UPK), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPd) menggelar pelatihan. Meningkatkan peran dan fungsi BP-UPK diharapkan berefek pada kegiatan di lapangan.

Pelatihan yang berlangsung di aula Hotel La Ila, Rabu (13/6) itu diikuti BP-UPK delapan kecamatandan sirencanakan berlangsung hingga Kamis (14/6).

Koordinator Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM MPdKabupaten Bima, Mansyur, mengatakan,tugas atau kewenangan yang dimiliki BP-UPK tidak hanya pengawasan saja, seperti Tim Monitoring Desa (TMD). Namun,mengaudit pelaksanaan kegiatan, agardapat mengaudit harus memahami jenis-jenis administrasi laporan keuangan. “Kalau TMD itu hanya sebatas memantau, maka BP-UPK selain memantau, juga mengaudit,” ujarnya.

Katanya, pentingnya memahami administrasi keuangan agar tidak dipermainkan oleh pihak yang diaudit. Alur dana yang masuk harus dapat dipahami. “Administrasi keuangan itu adalah serangkaian kegiatan yang meliputi pengadaan dan pencatatan seluruh transaksi keuangan ke dalam buku kas,” jelasnya.

     Pelaporan keuangan sendiri, kata dia, meliputi laporan realisasi penyaluran BLM ke desa, neraca program dan microfinance. Laporan operasional dan microfinance, laporan perkembangan pinjaman, laporan kolektivitas, serta laporan data kelompok. Selain itu, ada laporan rekonsiliasi, opname kas, dan inventaris.         Dia juga meminta, agar jangan sampai kasus di Desa Wilamaci dan Desa Sondosia Kecamatan Monta terjadi di tempat lainnya. Dana sebesar Rp43 juta  harus dikembalikan ke kas Negara, lantaran pekerjaan fisik tidak tuntas.

     Kenyataan ini juga terjadi, kata dia, karena BP-UPK yang tidak cepat mengaudit, sehingga bisa dicarikan jalan keluar. Pengembalian dana tersebut ke kas Negara telah ada petunjukkanya. “Ini kejadian luar biasa di NTB. Ini kesalahan kita semua, namun seandainya diketahui lebih awal, bisa dicarikan soluasi,” tandasnya.

     Untuk itu, kata Mansyur, Tahun 2012 ini,dua desa tersebut tidak mendapatkan alokasi anggaran fisik PNPM-MPd. Mereka harus menuntaskannya secara swadya, jika ingin mendapatkan padatahun mendatang.

     BP-UPK juga penting mengetahui tentang pentingnya validasi laporan untuk mengetahui keabsahan laporan keuangan, danrelevansi dengan data pendukung pada sistem administrasi. Manfaat validasi diantaranya, BP-UPK dapat mengetahui kesalahan laporan yang dibuat. Merumuskan rekomendasi dalam upaya perbaikan yang relevan.  

     BP-UPK juga memiliki tugas menjaga aset PNPM yang dikelola UPK. Memastikan fungsi pengelolaan internal UPK agar berjalan efektif. Dimana,untuk setiap transaksi ada yang berfungsi sebagai pihak yang membuat pengeluaran,  melakukan otorisasi dan sebagai player. (BE.16)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.-  Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Akuntansi Koperasi Angkatan III tingkat Kabupaten Bima dihelat di Hotel La Ila Kota Bima, Senin (14/08). Diklat...

Opini

Oleh: Abdul Barry, S.Pd   DALAM pendidikan formal, ijazah dan ilmu adalah dua sisi yang saling berkaitan, bahkan seperti pasangan sejoli yang serasi dan...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.com.- Pemuda diharapkan meningkatkan wawasan kebangsaan, juga sebagai elemen menjaga harmoni kehidupan bangsa. Saat ini, banyak yang bisa memengaruhi cara berfikir dan bertindak...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesua (PMII) Cabang Bima, Senin (28/3/2016) menggelar zikir dan tausiyah di masjid Al Anshor Penatoi. Tausiyah dengan tema...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kota Bima akan menjadi tuan rumah Penyelenggaraan Tinju Amatir Yunior and Youth Danrem Wira Bhakti.  Kejuaraan ini akan dilangsungkan 10 hHingga...