Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Rite Kebagian 353 Sertifikat Prona

Kota Bima, Bimakini.com.-  Untuk membantu masyarakat memiliki sertifikat tanah dengan biaya murah dan terjangkau, Badan Pertanahan Nasional (BPN) mencanangkan program nasional (Prona) sertifikasi tanah. Prona yang sudah lama dilakukan pihak BPN tersebut, telah menyelesaikan puluhan ribu bidang tanah.

Khusus di Kota Bima, tahun ini mendapat jatah Prona 2.500 bidang yang tersebar pada 20 kelurahan di lima kecamatan. Termasuk diantaranya 353 bidang yang diserahkan sertifikatnya kepada sejumlah masyarakat pemilik tanah di Kelurahan Rite Kecamatan Mpunda, Rabu (13/6).

“Mudah-mudahan tahun 2013 mendatang, Kota Bima mendapat jatah lebih sehingga banyak tanah masyarakat yang memperoleh sertifikat melalui Prona dengan biaya murah dan terjangkau,” ujar Kasi Hak Atas Tanah (HAT), Ikhsan, SH, saat penyerahan sertifikat Prona di Kelurahan Rite, kemarin.

      Acara penyerahan 353 sertifikat Prona kepada masyarakat dilakukan di halaman SDN 51 Kota Bima, kelurahan setempat. Wali Kota Bima, HM. Qurais, didampingi Kasi HAT BPN Kota Bima dan sejumlah pejabat Pemkot, menyerahkan sertifikat Prona secara simbolik kapada Siti Hawa, H. Sanusi, dan Masnun Maman, warga Rite pemilik bidang tanah.

     Saat itu, Wali Kota mengingatkan warga pemilik tanah, agar mengelola dan memanfaatkan sebaik-baiknya sertifikat yang diperoleh. Tidak menyalahgunakan sertifikat untuk kebutuhan konsumtif dengan menjaminkan ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Kecuali untuk keperluan usaha atau kebutuhan penting lainnya.

“Mudah-mudahan sertifikat tanah ini memberi manfaat sebesar-besarnya untuk peningkatan taraf hidup masyarakat,” katanya.

      Menurutnya, Kelurahan Rite mendapat keistimewaan, karena dijatahi 353 bidang dari 2.500 bidang untuk 20 kelurahan se-Kota Bima.

     Selain menyerahkan secara simbolik sertifikat Prona kepada tiga warga, Wali Kota juga menyerahkan secara simbolik bantuan material pembangunan mushala Raodhatul Jannah.

Usai kegiatan itu, Wali Kota lantas meninjau sekaligus pengecoran pertama pembangunan ruangan kelas baru SMAN 1 Kota Bima. (BE.19)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH, bereaksi soal 205 sertifikat prona yang belum diterbitkan oleh BPN Kota Bima sejak 2017 lalu....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kasus dugaan penganiayaan terjadi di persimpangan Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Senin (27/3) sekira pukul 18.30 WITA.  Oknum anggota Kepolisian Sektor...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Biaya yang dikeluarkan  pemilik tanah/lahan untuk bisa mendapatkan sertifikat di Desa Dena Kecamatan Madapangga Rp160 ribu. Hal itu berdasarkan kesepakatan dengan pemilik...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tiga Kepala Dusun (Kadus) Desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengaku penarikan uang Prona Sertifikasi Tanah terhadap pemilik lahan di So Mangge...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Kades) Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menarik  uang dalam program nasional (Prona) sertifikasi tanah  senilai Rp350 ribu/sertifikat. Nah, ada pemilik...