Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Fahri: Kantor Bupati Paling Bagus di Pinggir Laut

Bima, Bimakini.com.- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, H. Fahri Hamzah, menyesalkan pembangunan sejumlah kantor dan pusat pemerintahan di Bima dan Dompu  yang memanfaatkan  lahan sawah produktif. Padahal, lahan kering masih luas, sehingga banyak alternatif yang bisa digunakan.

Mengenai areal Kantor Bupati Bima, Fahri menilai, lokasi paling bagus dan indah dekat laut di sekitar Kecamatan Donggo.

Menurutnya, pemanfaatan lahan kritis seperti di dekat pegunungan, selain lebih berestetika juga terhindar dari banjir dan tidak mengambil lahan sawah produktif.

            Padahal, menurut pria asal Sumbawa ini,  banyak kerugian lain jika memanfaatkan lahan produtif untuk pembangunan kantor pemerintah, antara lain semakin menyempitnya lahan pertanian. Padahal, mencetak sawah baru membutuhkan banyak dana, apalagi itu ada areal irigasi teknis. “Di Bima sangat banyak lahan tidak produktif yang bisa digunakan untuk bangunan, jangan rusak sawah yang telah ada,” ujar saat meninjau lokasi pembangunan kantor DPD PKS Kabupaten Bima di Desa Talabiu Kecamatan Woha.

Menurutnya, pemanfaatan lahan produktif ini juga bertolakbelakang dengan upaya pemerintah memertahankan swasembada pangan dan menciptakan lahan pertanian.

            Bagaimana dengan kantor Pemerintah Kabupaten Bima yang juga dibangun pada lahan produktif? Fahri menilai langkah itu keliru, padahal lahan di Kecamatan Donggo sangat ideal untuk kantor pemerintahan dan sangat strategis dilihat dari sisi pandang manapun.

Selain wilayahnya rata dan dekat laut, katanya, juga lahannya tidak produktif lagi.  Berdasarkan yang dilihatnya saat kunjungan ke beberapa negara dan kota di dunia, rata-rata pemerintahan yang cepat maju dan berkembang adalah yang ibukota pemerintahnya berada di dekat  laut.

Selain itu, sebagian besar dari bangunan itu diatas lahan yang tidak produktif lagi. “Kantor Bupati Bima paling bagus dan indah dekat laut di Donggo. Dekat dengan selat Bima yang punya nilai historis tinggi,” sarannya.

            Katanya, dari teluk Bima, kantor pemerintah itu akan terlihat megah  dan cantik. Selain itu, tidak akan ada kekuatiran  terkena banjir.  (BE.14)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Ulet Jaya Bima (UJB) siap ambil bagian pada kegiatan Festival Budaya Keraton Bima. Kesiapan itu disampaikan ketika Owner UJB, Iman Soryo...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mengumumkan Rabu (15/2/2017) libur. Hal itu menyusul adanya Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi (RB)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Mahasiswa pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Rismunandar Iskandar menulis surat di laman Facebooknya. Surat itu ditujukannya pada Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Imigrasi Kota Bima awal November 2016 mendatang akan mulai beroperasi. Hal itu ditandai  kedatangan alat pencetakan paspor pada pertengan Oktober...