Hukum & Kriminal

Kepolisian Didesak Serius Tuntaskan Kasus Miras

Bima, Bimakini.com.- Munculnya beberapa kejanggalan dalam penanganan proses hukum kasus minuman keras (Miras) yang digerebek di bengkel milik Jhon Singko, menyebabkan publik meragukan keseriusan aparat Kepolisian dalam menuntaskan kasus tersebut. Kelambanan penanganan kasus itu, dinilai  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bima wajar memunculkan asumsi sarat permainan.

Menurut kader IMM Cabang Bima, Lukman, pemberantasan miras yang disuarakan oleh Kepolisian terkesan hanya sebagai semboyan dan motto belaka. Faktanya, pengawasan dan tindakan tegas terhadap peredaran miras masih jalan di tempat.

Dia menilai, masih banyak tempat-tempat sarang Miras yang dibiarkan tidak tersentuh hukum. Hal itu terbukti dalam penggerebekan miras di bengkel Jhon Singko, jika saja masyarakat tidak tegas mengungkapnya maka pasti keberadaannya akan terus dibiarkan tanpa tindakan dari Kepolisian.

“Kami meminta Kepolisian transparan dalam menangani kasus Miras ini, sebab masyarakat sudah cukup proaktif membantu dalam mengungkapnya dan itu harus dihargai,” pintanya saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (26/7).

Sorotan juga muncul dari Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima, Mansyur. Dia memertanyakan kemana sebagian Miras yang disita itu karena jumlah yang dilaporkan Kepolisian ke Pengadilan Negeri Raba Bima berbeda dengan jumlah awal saat penyitaan. “Jika dugaan kami itu benar, maka kami juga memertanyakan keseriusan kepolisian dalam memberantas miras,” terangnya melalui telepon seluler, kemarin.

Tidak hanya itu. Katanya, proses hukum terkesan ingin mengaburkan kasus itu dengan tidak menerangkan nama pemilik secara jelas dan berkurangnya barang bukti. Sebab, tidak mengikuti prosedur dan mekanisme hukum seperti terungkap oleh pihak Pengadilan.

Dia mengharapkan pihak Kepolisian serius menangani kasus Miras itu dan terbuka kepada masyarakat, sehingga tidak ada kecurigaan dan asumsi lain. Apalagi, sekarang memasuki bulan Ramadan, umat Islam membutuhkan ketenangan beribadah. (BE.20)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top