Hukum & Kriminal

Lagi, Berkas Kasus Yaman Diserahkan ke Kejaksaan

Kota Bima, Bimakini.com.- Ini perkembangan terbaru dari proses hukum kasus dugaan korupsi tunjangan sertifikasi guru di lingkungan Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima. Kapolres Bima Kota, Kumbul KS, S.IK, SH, mengaku penyidik telah menyerahkan kembali berkas tersangka Kepala Kemnag, Drs. H. Yaman, setelah melengkapi semua petunjuk yang diberikan Kejaksaan saat pengembalian sebelumnya.

“Kami sudah serahkan berkasnya pekan lalu dan ini untuk kedua kalinya,” jelas Kumbul, Kamis lalu.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Raba Bima, Edi Tanto Putra, SH, membenarkan telah menerima berkas Kepala Kemenag dari penyidik Kepolisian sejak 28 Juni lalu. Namun, setelah berkasnya dipelajari rencananya dikembalikan lagi karena masih ada petunjuk yang belum dipenuhi.

“Berkas Kepala Kemenag tiga kali dengan ini jika dikembalikan lagi,” akuinya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (6/7).

Saat ditanyakan mengenai dugaan yang disangkakan kepada Yaman, diakuinya, yakni telah melanggar Undang-Undang Korupsi tentang materi dugaan korupsi dana sertifikasi, pencairan yang tidak sesuai prosedur dan pendataan fiktif. Berkas kasus untuk tiga tersangka lainnya telah dinyatakan rampung (P-21) karena telah memenuhi syarat formal maupun nonformal.

         “Ke depan kita juga akan menggelar berkas-berkas perkara,” ujarnya.

         Sebelumnya, penyidik mengembalikan berkas Yaman karena dinilai belum lengkap.  Masih ada aspek-aspek yang perlu dilengkapi dan Jaksa memberi catatan agar dibenahi. (BE.20)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top