Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Lembaga Agama dan Polres Bahas Hadapi Ramadan

Kota Bima, Bimakini.com.-

Seluruh lembaga agama dari Kementerian Agama (Kemnag), Majelis Ulama Indoensia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Brigade Masjid dan lainnya, Selasa (17/7) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) bersama pihak Kepolisian Resort (Polres) Bima Kota. Rapat dihelat di sekretariat MUI Kota Bima. materi yang dibahas adalah persiapan menghadapi bulan Ramadhan 1433 Hijriyah.

Seluruh lembaga agama mengharapkan pihak Kepolisian sejak dini memberantas peredaran bahan peledak ringan berupa mercon dan sejenisnya yang bisa mengganggu kenyamanan umat Islam beribadah puasa, terutama saat shalat tarawih. Peningkatan keamanan dan kenyamanan itu sangat penting untuk menjamin kekhusyuan.

Pengamanan terhadap peredaran barang haram seperti minuman keras (Miras) dan Narkoba diharapkan karena mengganggu ibadah puasa. Seperti diungkapkan Ketua MUI Kota Bima, Drs. HM. Taufikuddin Hamy.

Dia meminta barang haram itu selamanya “dibumihanguskan” dari tanah Bima yang masyarakatnya mayoritas Islam. Puasa tidak ternodai oleh perilaku maksiat lainnya agar Kota Bima selalu mendapatkan rahmat Allah.

Dia mengharapkan agar selama puasa berlangsung, Kepolisian bisa maksimal menjamin kenyamanan, namun semua  itu perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Brigade Masjid Kota Bima, Burhan, mengharapkan Kepolisian bersama masyarakat dan aparat lainnya membasmi seluruh penyakit sosial yang dapat mengganggu kenyamanan umat Islam berpuasa. Selama Ramadan diharapkan  tidak ada gangguan Kamtibmas yang bisa merusak ibadah puasa umat Islam.

Menanggapi permintaan itu, pihak Kepolisian berjanji mengusahakan semaksimal mungkin mewujudkannya. Namun, tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus dibantu oleh masyarakat.

Pihak Kepolisian menginginkan masyarakat menyadari bahwa perilaku seperti menyembunyikan sesuatu menghambat kinerja memberantas kemaksiatan. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Komunitas Tangan di Atas (TDA) Bima, berbagi ”Bahagia Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dalam Bingkai Ramadan” kembali digelar. Kali ini...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Tim Asisten Indeks Tata Kelola (ITK) Kinerja Polri menggelar rapat di aula Mapolres Bima Kota, Selasa (21/3/17) hingga Rabu (22/3/27). Rapat...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Dua pemuda yang diduga terlibat kasus penjambretan terhadap Suryani, SPd, telah dibawa ke Mapolres Bima. Mereka tiba  Jumat (05/08/2016) dinihari sekitar pukul...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Dari Redaksi

Publik Mbojo kembali dikejutkan oleh sejumlah kejadian yang muaranya mengindikasikan kegagalan memaknai inti pesan Ramadan. Antara melalui ekspresi dua kubu yang selama ini terlibat...