Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Mahasiswa KKN STIE Bima Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan

Kota Bima, Bimakini.com.-

Sebanyak 23 mahasiswa yang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan X dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, terus mengajak dan memberikan contoh kepada masyarakat Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur agar mencintai pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Caranya membiasakan menjaga kebersihan lingkungan.

Ajakan itu dicontohkan melalui aksi bersih-bersih pada pagi dan sore hari. Bahkan, mahasiswa menjadikan Jumat sebagai hari kebersihan lingkungan. Bersih-bersih itu sebelum masyarakat diajaklebih dulu mahasiswa memberikan contoh dengan menyapu sepajang jalan dan gang.

“Ini kita lakukan agar lingkungan Kelurahan Dodu ini agar terlihan bersih dan tidak jorok,” ujar Koordinator kelompok 10 KKN STIE Bima, M. Afan, di Kelurahan Dodu, Selasa (24/7).

Mahasiswa KKN ini, kata Affan, berada di lokasi hanya satu bulan dari tanggal 17 Juli hingga 18 Agustus mendatang. Beberapa program yang disepakati bersama warga dan Karang Taruna setempat adalah bakti sosial (Baksos) di pekuburan umum, masjid dan mushalla, serta lingkungan sekitar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Bakti sosial ini mendapat respons positif dari warga dan mereka mau berpartisipasi. Apalagi, yang dilakukan itu untuk lingkungan mereka sendiri,” katanya.

Selain itu, katanya, mahasiswa juga memiliki program penyuluhan mengenai Usaha Kecil Menengah (UKM), pembangunan Gapura Gang Dodu II RT 01, pengecatan pagar, masjid dan mushalla, lomba membaca Al-Quran dan adzan, dan kegiatan lainnya.

Hal senada dikemukan Wakil Koordinator, M. Ali. Selama beberapa hari berada di lokasi penyambutan warga mendukung berbagai kegiatan. Namun, tahap awal ini mahasiswa banyak memberikan contoh dan tanpa diperintah membersihkan lingkungan. Menyaksikan mahasiswa yang bersih-bersih masyarakat dengan sendirinya turut berpartisipasi.

“Karena waktu kita hanya satu bulan, kita ingin memberikan kesan yang baik agar selalu dikenang,” katanya.

Dia mengharapkan dengan kegiatan awal itu telah membangkitkan semangat kerjasama antara mahasiswa KKN dengan warga setempat. Meski mereka sedang sibuk mengurus panen padi, tetapi masih sempat mendukung kegiatan mahasiswa.

Apalagi, Ketua Karang Taruna Dodu memberikan angin segar agar  melaksanakan program yang bermanfaat bagi masyarakat. (BE.13)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Mahasiswa KKN STISIP Mbojo Bima, akan  mengkahiri KKNnya di Kelurahan Rabangodu Selatan. Untuk itu, mereka merampungkan kegiatan di Musholla Hai’atil Maknun....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima angkatan ke XXXIII membangun Pos Kamling di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Institut Agama Islam  Muhammadiyah (IAIM) Bima di Desa Laju, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, menggelar Kemah Dakwah. Tema “Mencetus Laju yang religius,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima angkatan ke V posko Desa Kawuwu, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, mennggelar...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam (IAI) Muhamadiyah Bima, perioritaskan program kerohanian untuk tingkatkan nilai ke-Islaman di Desa Laju, Kecamatan...