Peristiwa

PT Pelindo III Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid dan TPA

Kota Bima, Bimakini.com.- Untuk mendukung pembangunan bidang sosial, agama, dan pendidikan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima menyerahkan bantuan kepada sejumlah masjid dan Taman Bacaan Al-Quran (TPA) di wilayah Kota dan Kabupaten Bima. Bantuan berupa dana pembangunan fisik itu, merupakan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setempat untuk masyarakat.

       Bantuan diserahkan General Manager (GM) PT Pelindo III Cabang Bima, Dadan Darmawan, kepada sejumlah pengurus masjid dan TPA di kantor setempat, jalan Martadinata Pelabuhan Bima. Secara simbolik bantuan diterima pengurus Masjid Al-Muhajirin lingkungan Tolobali Kota Bima, Drs. H. Mustahid H. Kako, berupa dana pembangunan masjid senilai Rp15 juta.  “Bantuan ini tidak ada unsur politis, murni dari PT Pelindo untuk membantu pembangunan masjid dan TPA bagi masyarakat di mana PT Pelindo berada,” ujar Dadan.

       Sebagai salahsatu BUMN, katanya, PT Pelindo memiliki kewajiban sosial untuk mendukung segala bentuk program sosial-masyarakat yang positif dan konstruktif. Seperti pembangunan sarana ibadah dan sarana pendidikan. “Sarana dan fasilitas yang dimaksud, tentunya tidak berkaitan dengan pemerintah atau bukan kepemilikan pemerintah,” katanya sembari menambahkan bahwa bantuan itu merupakan program dari PKBL PT Pelindo.

       Bantuan PKBL PT Pelindo ini, terang Dadan, ada kewajiban yang harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh penerima bantuan, yaitu harus melaporkan penggunaannya ke PT Pelindo dua bulan setelah bantuan diterima. Selain itu, penerima bantuan juga minimal dua orang, ketua dan pengurus lainnya. Kemudian, bantuan tidak diserahkan langsung secara tunai, melainkan ditransfer melalui rekening pengurus.

       Dadan menambahkan, PT Pelindo juga turut mendukung kegiatan yang berdampak positif bagi seluruh masyarakat melalui dana CSR PT Pelindo. Hanya saja, berupa fasilitas atau barang yang dibutuhkan. Asalkan saja, keberadaannya jelas dan kegiatannya benar-benar terlaksana. “Seperti pembangunan Sekretariat PWI Bima juga bisa kita bantu, yang penting jelas dalam proposalnya dan ada laporan,” kata Dadan.

       Sejumlah masjid dan TPA yang diserahkan bantuan pembangunan oleh PT Pelindo III Cabang Bima, yakni Masjid Al-Ikhlas Jatibaru Kota Bima senilai Rp15 juta, Masjid Ar-Rahim Kelurahan Dara (Rp15 juta), Masjid Jami’ Baburrahim Ambalawi Kabupaten Bima (Rp15 juta), TPA Nurul Yakin Mande Kota Bima (Rp10 juta), dan TPQ Al-Khaer Desa Bre Kabupaten Bima (Rp15 juta).

       Selain itu, sejumlah masjid dan TPA di Kabupaten Sumbawa. “Tahun ini, kita rencanakan dua kali serahkan bantuan. Bergantung pengajuan proposal yang masuk,” ujar Dadan.

       Pengurus masjid Al-Muhajirin Tolobali, Drs. H. Mustahid H. Kako, mengapresiasi bantuan PT Pelindo yang telah menunjukkan tanggungjawab sosial, pendidikan, dan agama di wilayah Bima. Dia mengharapkan, tanggungjawab yang sama muncul dari sejumlah BUMN dan pihak lainnya, untuk peningkatan sumberdaya masyarakat yang cerdas, sosial, dan Islami. (BE.19)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top