Peristiwa

Ramadan Tiba, Rezeki Berlipat Ganda

Kota Bima, Bimeks.-

Kehadiran bulan Ramadan rupanya memberikan kesan tersendiri bagi Muhammad, warga Oi Niu. Sejak awal Ramadan menjajakan buah kelapa pada sepanjang jalan di pasar raya Bima. Diakui pemuda yang masih duduk di bangku SMA itu, kehadiran bulan puasa setiap tahun selalu dimanfaatkannya untuk mengais rezeki.

Dia mengaku sejak tiga tahun terakhir pekerjaan itu dilakoninya saat bulan puasa, itu adalah pekerjaan halal dan bukan sesuatu yang memalukan. Harga kelapa per satu butir Rp5.000, sementara setiap satu kali datang berjualan mampu menghabiskan 30 butir kelapa muda.

Kelapa itu diambilnya dari kebunnya, sementara hasil penjualan dimanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti membeli beras. Saat ini, Muhammad menjadi tumpuan keluarga sepeninggal ayahnya empat tahun lalu. 

Dikatakannya, hasil dari penjualannya juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah kedua adiknya yang saat ini masih duduk dibangku SMP dan SD. “Uang ini juga saya gunakan untuk membeli sepetau, tas, baju, buku adik-adik saya yang saat ini masih duduk dibangku SMP dan SD,” ujarnya, Senin (23/7) di pasar Bima.

Diakuinya, saat ini ada penambahan jumlah kelapa yang dijualnya hingga mencapai 50 butir, sebab aktivitas penjualannya dilakukan sejak pukul 14.30 WITA. Kehadiran Ramadan adalah berkah tersendiri bagi dirinya dan keluarganya, apalagi bulan puasa tahun ini sekolah diliburkan satu bulan penuh sehingga lebih leluasa berjualan kelapa.

 “Saya berharap saya bisa menjadi manusia yang pandai bersukur, saya adalah manusia yang beruntung bisa mendapatkan rezeki berlipat saat bulan puasa, karena memang saya sangat membutuhkannya,” ungkapnya. (BE.18)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top