Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Sambut Ramadan ala TK Yaa Bunaya dan SD Integral Lukmanul Hakim

Kota Bima, Bimakini.com.-

Ratusan anak dan orangtua siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Yaa Bunaya dan Sekolah Dasar (SD)Integral Luqmanul Hakim, menggelar acara penyambutan Ramadan di halaman Asi Mbojo Kota Bima Selasa (17/7). Kegiatan bertajuk Marhaban Ya Ramadhan menghadirkan penceramah H.Abdullah Ikhsan, dari Denpasar Bali.

Menurut Abdullah, Ramadan itu harus disambut dengankebahagiaan dan suka-cita dengan menyatakan ‘selamat datang ya Ramadhan’, sekaligus kesiapan melaksanakan perintah puasa. Ada umat Islam yang menyambut Ramadan dengan penuh kesyukuran,karena belum tentu tahun depan bisa bertemu lagi.

Namun, ada juga  yang kurang senang menyambut Ramadan,karena baru saja mengantarkan anaknya liburan. “Semoga dengan syaum Ramadhan tahun ini, lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Diingatkannya, setiap diri  hendaknya mengevaluasi syaumnya, apakah kualitasnya meningkat atau justru menurun, atau biasa-biasa saja. Jika tahun lalu bertemu temannya masih bisa bergunjing, hendaknya tahun ini menjauhkan diri dari perbuatan yang menghabiskan pahala amalan itu. “Kalau belum bisa dihilangkan, tentu kita akan berusaha untuk menguranginya hingga hilang sama sekali,” katanya.

Artinya, kesempatan ini jangan disia-siakan karena kata Nabi Muhmmad SAW,banyak orang yang berpuasa,tetapi yang diperoleh hanya lapar dan dahaga saja. “Syaumnya itu hanya sekadar tradisi dan belum mampu mengubah sikap mental,” katanya.

Perintah syaum, jelasnya, diwajibkan dan tidak boleh tidak jika seorang yang beriman itu harus berpuasa. Oleh karena itu, setiap orang yang beriman hendaknya menargibkan dirinya untuk meningkatkan kualitas puasanya.

Ketua Panitia, Suprianto, mengatakan  penyambutan Marhaban Ya Ramadan diharapkan syiam kali ini menjadi way of  lifedalam membangun semangat keluar dari problematika hidup dan bangkit menjadi insan bertaqwa.

Kegiatan itu,selain diikuti muridTK Bunaiya, juga SD Integral Luqmanul Hakim Kota Bima. Mereka menyertakan orangtua dan keluarga besar sekolah itu. “Kita juga mengundang khusus penceramah dari Denpasar Bali,”katanya. (BE.13)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Komunitas Tangan di Atas (TDA) Bima, berbagi ”Bahagia Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dalam Bingkai Ramadan” kembali digelar. Kali ini...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Naas menimpa siswa SDN 14 Kota Bima, Naisya Astriani  (8). Warga RT 09 RW 03 Kelurahan Lewirato ini tewas tenggelam saat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Dalam Rangkaian Bhakti Ramadhan Komunitas Pramuka Peduli kembali menyalurkan bantuan Al – Quran. Bantuan Al – Quran yang diserahkan secara langsung oleh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Dari Redaksi

Publik Mbojo kembali dikejutkan oleh sejumlah kejadian yang muaranya mengindikasikan kegagalan memaknai inti pesan Ramadan. Antara melalui ekspresi dua kubu yang selama ini terlibat...