Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Sekolah di Rasanae Timur Tuntaskan Kegiatan Imtaq

Bima, Bimakini.com.- Jajaran pendidikan di Kecamatan Rasanae Timur, Sabtu (28/7), menuntaskan seluruh kegiatan peningkatan Keimanan dan ketaqwaan (Imtaq) pada seluruh sekolah. Kegiatan yang berlangsung 23-28 Juli itu diikuti siswa, guru, dan Kepala Sekolah. Bahkan, orangtua siswa dan komite sekolah juga ikut buka bersama puasa dengan anak-anak.

Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Rasanae Timur, H. Muslikh H. Anwar, SH, mengatakan, sesuai instruksi Kepala Dinas Dikpora Kota Bima bahwa kegiatan Imtaq serentak dilaksanakan 23-28 Juli. Setiap sekolah memiliki cara tersendiri melaksanakan kegiatan kegamaan itu, terutama menggairahkan anak-anak uagar belajar agama dan langsung memraktikan ilmunya.

“Seluruh sekolah telah melaporkan kegiatan dan saya bersama pengawas ikut memantau selama berlangsung kegiatan,” ujarnya via telepon seluler, Senin (30/7) malam.

       Beberapa kegiatan yang dominan, kata dia, belajar tatacara berwudhu, menghafal ayat-ayat pendek, doa-doa pendek, lomba cerdas-cermat mengenai agama, ceramah, dan berbagai kegiatan lainnya. Tidak hanya itu, siswa, guru, orang tua siswa, dan komite sekolah ikut buka bersama yang diselingi dengan ceramah agama.

      “Saya ikut buka bersama di SDN 33 Kota Bima di Kelurahan Lampe. Sebelumnya kita mendengarkan tausiyah dari Pengawas Pendais, Fadhil Haji Anwar,” katanya.

Pada saat buka puasa bersama itu, katanya, diumumkan juara-juara dalam berbagai lomba, sekaligus penyerahan hadiah. Kegiatan berbuka puasa  itu menjadi meriah karena diikuti oleh seluruh siswa kelas I-VI.

“Hasil pantauan kita kegiatan seperti itu sangat bagus dan anak-anak terfokus untuk menguasai materi tentang agama Islam, terutama materi sederhana dan mudah dipraktikkan,” katanya.

       Tidak hanya itu, jelasnya, beberapa sekolah juga menampilkan kesenian Islami seperti shalawat, kasidah rebana, pembacaan puisi, dan lainnya. Dia mengharapkan dengan bekal ilmu selama bulan Ramadan anak-anak bisa memraktikkan tatacara berwudu dengan benar dan bisa melaksanakan shalat wajib dan sunat.

     “Tentu saja kita meminta dukungan orangtua dalam mendidik anak-anaknya selama berada di rumah dengan pendidikan akhlak dan keagamaan,” katanya. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

 Oleh: Eka Ilham., M.Si *) KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspendik sejak Tahun Pelajaran 2014/2015 melakukan terobosan baru yakni pemanfaatan komputer dalam pelaksanaan Ujian...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MTsN I Kota Bima atau lebih dikenal MTs Padolo masih lumpuh. Sejumlah guru dibantu belasan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy mengunjungi Kota Bima untuk meninjau sekolah terdampak banjir serta menyerahkan bantuan. Dampak...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 mendatang akan ditinjau. Pasalnya, banyak sarana komputer yang akan digunakan UNKB rusak terendam banjir....

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data sementara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, ada 38 dari 120 sekolah yang rusak. Baik SD, SMO,...