Pendidikan

Sekolah Diliburkan Penuh Selama Ramadan

Kota Bima, Bimakini.com.-

Sesuai kalender pendidikan tahun 2012-2013, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, selama bulan Ramadan akan meliburkan sekolah selama satu bulan. Mengapa tidak sama dengan tahun sebelumnya?

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. Suriadi, M.Pd, mengatakan, kebijakan itu berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir, ternyata proses kegiatan bekajar-mengajar (KBM) pada minggu pertama dan kedua kurang efektif. “Jam efektif pada bulan Ramadhan itu kita tarik lebih awal satu minggu sebelum Ramadan, sehingga pada liburan kemarin Kota Bima lebih awal masuk,” ujarnya di dinas setempat, Kamis (12/7).

Setelah Ramadan, kata dia, akan ditarik pada saat antara liburan semester ganjil dan genap. Untuk mendukung program Magrib Mengaji dan Kota Bima Berzakat, Dinas Dikpora Kota Bima sudah bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama Kota Bima, telah menginstruksikan seluruh siswa SD, SMP hingga SMA memanfaatkan waktu Magrib untuk mengaji dan belajar agama.

“Kita sudah perintahkan guru dan Kepala Sekolah agar mengingatkan anak-anak melaksanakan kegiatan keimanan dan ketaqwaan. Bahkan, kalau perlu televisi dimatikan untuk sementara,” katanya.

Dia mengharapkan saat liburan penuh itu, siswa berkonsentrasi melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya, termasuk meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Islam. (BE.13)

             

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top