Pendidikan

SMK-PPN Bima Intensifkan Pembinaan Imtaq

Kota Bima, Bimakini.com.-

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) Bima mengintensfikan pembinaan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq) siswa melalui berbagai program keagamaan. Program itu merupakan agenda rutin tahunan.

Kepala SMK-PPN Bima, Ir. H. Syaiful Insan Haz, MM, mengatakan bulan Ramadan selalu dinantikan umat Islam karena membawa banyak berkah dan rahmat. Sangat merugi jika kehadiran bulan penuh hikmah ini tidak dimanfaatkan maksimal untuk mencari pahala.

Bagi guru, katanya, peranannya membina dan mendidik siswa agar selalu mengingat Sang Pencipta merupakan ibadah yang akan dilipatgandakan pahalanya. Untuk itu, alokasi waktu yang diberikan oleh pemerintah selama seminggu pada bulan Ramadan rasanya tidak akan cukup dalam menyelenggarakan berbagai program.

“Kami merasa kehilangan momentum untuk kebersamaan dengan guru, karyawan, siswa dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pembinaan Imtaq. Waktu satu minggu rasanya sedikit untuk mengeristalkan nilai-nilai kebersamaan meraih berkah ramadhan,” katanya, Sabtu lalu, melalui telepon seluler.

Dia bersyukur tahun ini, SMK-PPN Bima mendapat berkah Ramadan, sejumlah siswa lulusan terbaik dapat diterima pada berbagai Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Di antaranya sebanyak 20 orang lulus di Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Mataram (Unram) melalui jalur unggulan daerah dan ada juga yang lulus melalui jalur tes.

“Inilah adalah berkah Ramadan, karena apa yang mereka pelajari selama ini tidak sia-sia dan bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu membuktikan bahwa keberhasilan tidak cukup dengan hanya pintar dan ilmu dunia saja, tetapi pembinaan keagamaan dan mental-spritual siswa menjadi aspek penting dalam menyeimbangkan ilmu dan akhlak siswa. Bulan Ramadan menjadi momentum untuk mewujudkannya. (BE.20)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top