Pendidikan

Solusi soal Jam Guru Honor Disepakati

Kota Bima, Bimakini.com.

Protes Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bima soal guru honor yang tidak diberikan jam mengajar, direspons oleh jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima. Solusi terbaik disepakati dalam rapat koordinasi dengan Kepala Sekolah dan guru-guru tersebut.

    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. Suriadi, M.Pd, mengatakan, hasil rapat itu dapat mengurai benang kusut yang dihadapi pihak sekolah, guru honor, dan guru sukarela. Guru yang mengajar juga senang dan pihak sekolah menyatakan sesuai standar yang diinginkannya. Masing-masing menyenangi hasil kesepakatan rapat itu.

       Bagi guru honor, kata dia, diberikan kesempatan pengayaan dan kegiatan lainnya. Bahkan, dicarikan pada tempat lain yang diinginkan untuk menaikan status dari sekolah sesuai standar nasional ke sekolah bertaraf internasional (SBI).

Dia mengharapkan dari standar yang diinginkan itu dapat meningkatkan kompetensi kualitas pada masing-masing pihak agar mau belajar dan terus mengikuti perkembangan dunia pendidikan saat ini. Pembelajaran menggunakan teknologi ini harus diimbangi oleh kemampuan guru saat melaksanakan proses belajar-mengajar.

“Anak-anak itu jauh lebih cepat menyerap teknologi, sedangkan guru kalau hanya mengandalkan pengetahuan yang ada dan tidak mau belajar mengikuti perkembangan, maka akan ketinggalan kereta,” ujarnya di arena MTQ Kota Bima, Rabu (11/7).

     Oleh karena itu, Suriadi mengingatkan guru jangan mau kalah dengan siswanya dalam hal menyerap teknologi, karena mengandalkan cara lama akan membosankan. Selain itu, guru harus menyiapkan administrasi mengajar, tentunya menguasai materi yang akan diajarkan.

     Target pendidikan di Kota Bima, kata dia, harus mengacu pada semua komponen, yakni delapan standar nasional pendidik dan kependidikan. Terutama persentase dan kualitas kelulusan. Pada tingkat Provinsi NTB, Kota Bima masuk pada urutan ketujuh dari 10 daerah.

“Harapan kita ke depan harus lebih bagus lagi,” katanya. (BE.13)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top