Pemerintahan

Sukseskan Program Gemarika, Bupati Lepas 8.000 Benih Ikan

Dompu, Bimakini.com.-

Saat ini, Pemerintah Pusat sedang menggenjot sosialisasi program gemar makan ikan (Gemarika) pada masyarakat. Program itu, kini intens dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP).

Untuk menyukseskan program itu, Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M.Yasin melepassekitar 8.000 ekor benih ikan di Sori Rabalaju Desa Kareke dan Sori Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu, Rabu (18/7). ”Ini juga dalam rangka mendukung program Gemarika,” ujar Kepala DKP KabupatenDompu,Drs. Dianul Anhar.

Katanya, pelepasan benih ikan di Sori Rabalaju merupakan permintaan masyarakat setempat yang ingin memanfaatkan sungai. Adanya ikan yang dilepas,  masyarakat bisa mengambilnya dengan memancing, setelah ikan itubesar. “Kita juga akan menyosialisasi agar masyarakat menjaga dan tidak menggunakan potas atau bahan racun lainnya untuk mengambil ikan itu nantinya,” terang Dianul seraya menambahkan ada tiga jenis ikan yang dilepas, yakni ikan tawas, nila, dan karper. Benihikan berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Selaparang Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Usai melepas benih ikan di Sori Rabalaju, Bupati yang saat itu didampingi  Ketua DPRD Dompu, Dandim 1614, dan pejabat lainya, mengharapkan, benih ikan yang dilepas di Sori Rabalaju setidaknya telah memberikan harapan pada para pemancing dan masyarakat. Dalam tiga bulan ke depan, ikan tersebut bisa diambil dengan memancing. ”Jangan gunakan potas yang akan membunuh ikan secara massal” ujarnya.

Bupati menambahkan, jika ada anggaran, tempat pelepasan ikan itu akan bisa dijadikan danau buatan, sehingga bisa dilihat langsung dari jalan raya dan sewaktu-waktu bisa diprogramkan lomba memancing. “Mari ikannya kita ambil sedikit-sedikit untuk dikonsumsi bersama,” ajaknya, seraya berharap pada masyarakat sekitar untuk sama-sama ikut menjaga ikan agar tidak diracun oleh warga yang tidak bertanggungjawab.

Pada kesempatan itu, ibu rumah tangga sekitar, meminta pada Bupati agar memerhatikan air bersih. Katanya, hingga saat ini, masyarakat Desa Kareke sulit mendapatkan air bersih.

Menjawab itu, Bupati meminta kesabaran warga. Saat ini, katanya, Pemkab Dompu sedang melobi Pemerintah Belanda agarmemberikan dana hibah yang akan dimanfaatkan bagi pembangunan sarana air bersih dan perpipaan di Dompu. ”Insyaallah, saya berharap masyarakat bersabar,” harapnya. (BE.15)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top