Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Upacara Puncak Hari Jadi ke-372 Bima, Meriah

Bima, Bimakini.com.-Upacara puncak peringatan Hari Jadi ke-372 Bima, Kamis (5/7),  di lapangan Wawo berlangsung khidmat. Peserta upacara larut dalam suasana masa silam saat pemandu acara membacakan sejarah singkat terbentuknya kerajaan Bima. Tanpa terasa usia Bima sudah memasuki 372 tahun.

Inspektur upacara, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain. Peringatan tahun ini dihadiri Wali Kota Bima, HM. Qurais dan  bertema “Bersama Membangun Bima”. Tema ini mengandung makna mendalam bagi keberadaan Bima sekaligus memajukan Dou Labo Dana Mbojo.

Bupati mengatakan, perayaan kali ini dilaksanakan secara serentak pada 18 Kecamatan agar kemeriahannya dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat.       “Cara ini diharapkan akan melahirkan rasa memiliki budaya dan kebanggaan sebagai Dou Mbojo,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

      Tidak hanya itu. Katanya, perayaan itu akan menggugah masyarakat  agar memertahankan jati diri dan menerapkan nilai-nilai luhur sebagai ciri khas Dou Mbojo sesuai yang diwariskan para pendahulu daerah ini.

       Dikatakannya, tema utama “Bersama Membangun Bima” mengandung makna mendalam bagi keberadaan untuk memajukan Dou Labo Dana Mbojo, diharapkan memicu semangat dan menggugah kesadaran a untuk membangun daerah dalam bingkai silaturrahmi.

     Dijelaskannya, kebersamaan merupakan modal penting bagi seluruh komponen masyarakat daerah ini untuk membangun dan melaksanakan berbagai program pembangunan serta mendorong partisipasi masyarakat dalam membangun dan menata kehidupannya. Sangat mustahil membangun Dana Mbojo ini tanpa kebersamaan. “Kebersamaan itu, tidak mungkin terwujud tanpa jalinan silaturrahim yang baik,” katanya.

       Pada tahun ini, katanya, Kabupaten Bima termasuk 12 daerah di Indonesia yang mendapatkan predikat Zona Integritas Antikorupsi pemerintah. Dari sekian banyak Kabupaten/Kota di Indonesia, Kabupaten Bima ada di dalamnya. Predikat  ini  adalah  tantangan untuk menciptakan tatakelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

      “Ini akan menjadi pekerjaan besar yang harus diwujudkan pada setiap tingkat pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat dusun,” katanya.

      Menurutnya, semua itu perlu dukungan seluruh komponen masyarakat agar bahu- membahu membangun Dou Labo Dana Mbojo agar lebih sejahtera. Lima tahun terakhir, telah banyak karya nyata yang ditorehkan Kabupaten Bima telah menerima lebih dari 30 penghargaan tingkat nasional.

      “Ini merupakan wujud pengakuan Pemerintah Pusat dalam membangun daerah Bima yang tercinta ini,” katanya. (BE.13)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...