Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Wagub: Media Tetap harus Bersikap Kritis

Kota Bima, Bimakini.com.-

Keberadaan Kampung Media sangat bermanfaat agar segala informasi kemasyarakatan dan pembangunan bisa diketahui oleh masyarakat luas. Target utamanya adalah bisa mengubah budaya tutur masyarakat menjadi budaya menulis.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Ir. H. Badrul Munir, MM, saat mengunjungi Kampung Media Kelurahan Sadia, Senin (30/7) sore.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 “Namun, sebagai media tetap harus kritis karena kalau tidak kritis sama saja dengan orang tidur lelap,” ingatnya.

Dikatakannya, jika orang sudah tidur lelap, maka sudah tidak bisa lagi berbicara banyak, apalagi bisa mengeritisi. Untuk itu, meski Kampung Media dibawah pembinaan pemerintah, tetapi persoalan-persoalan yang dinilai menyimpang di tengah masyarakat harus tetap disoroti dan dikritisi.

Dicontohkannya, jika muncul masalah penyimpangan beras untuk masyarakat miskin (Raskin) yang dibagikan oleh kelurahan, maka Kampung Media harus terdepan memberitakannya, sehingga masyarakat bisa mengetahuinya. Namun, dia mengingatkan agar pemberitaan yang disajikan tetap objektif, apa adanya, dan tidak memihak siapapun.

Dia mengapresiasi semangat masyarakat Kota Bima dalam mendukung terwujudnya Kampung Media yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Terbukti, hingga kini mampu bertahan meski dengan fasilitas seadanya yang diberikan pemerintah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengharapkannya, semangat itu terus dikembangkan agar tercipta masyarakat yang melek media. “Untuk itu, pemerintah akan memberikan apresiasi bagi 50 komunitas kampung media se-NTB,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wagub juga berdialog dengan masyarakat untuk menjaring aspirasi. Saat itu, masyarakat yang diwakili oleh Alan Malingi menyampaikan informasi kepada Wagub mengenai kemajuan Kampung Media Sarangge yang ikut dibinanya sejak didirikan tahun 2011 lalu.

Katanya, pembinaan terhadap masyarakat khususnya wilayah Mande  agar belajar menulis selalu digenjot. Namun, memulai mengajarkan menulis yang ringan seperti hal-hal kecil tentang profil kusir benhur, Ketua RT yang meninggal atau apa saja di sekitar lingkungan.

Kunjungan Pemerintah Provinsi NTB di Kampung Media Kelurahan Sadia itu merupakan rangkaian safari Ramadan yang dijadwalkan pada sejumlah tempat yang berlangsung hingga Selasa ini. (BE.20)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

WARTAWAN senior Dahlan Iskan menulis skala kekecewaan pakar komunikasi yang juga pengajar Ilmu Jurnalistik, Effendi Gazali. Angkanya fantastis, 9.5 pada skala 0-10. Nyaris sempurna...

CATATAN KHAS KMA

APAKAH saya harus senang? Ataukah sebaliknya? Entahlah! Tetapi begini: Waktu saya pertama membangun media di Bima, itu pada 21 tahun lalu, ada yang menyebut...

Opini & Sudut Pandang

Oleh: Khairudin M. Ali*) SAYA sebenarnya sudah lama memprediksi dan mengingatkan semua pihak, sebelum ribut-ribut media mempersoalkan kerja sama dengan pemerintah seperti yang terjadi...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Muh. Amin M.Si mengajak seluruh pelaku keuangan di NTB untuk tidak terbuai dengan pertumbuhan...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Ini kabar terbaru dari Bimeks Group. CEO Bimeks Group, Ir Khairudin M Ali, MAP, memutuskan mengundurkan diri. Tentu saja keputusan itu...