Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Berita Gembira bagi Orang Berpuasa

Oleh : Kusman M. Said

Ketahuilah bahwa ibadah puasa  merupakan ibadah  istimewa, yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hamba-hambanya. Keistimewaannya terletak pada beberapa keutamaan yang diberitakan oleh Allah melalui Rasul-Nya.

Karena ibadah puasa memiliki banyak keutamaan, maka wajib bagi kita sebagai seorang muslim  untuk merasa gembira atas dianugerahkan bulan yang mulia ini.

Pertama : Puasa dapat menjadi penghalang dari api neraka

Rasulullah swa. Bersabda :

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Puasa itu penghalang yang akan menghalangi seseorang hamba dari api neraka (HR. Imam Ahmad)”

   Kemudian dalam riwayat lain Rasulullah bersabda : Barang siapa yang melaksanakan puasa sehari, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh tujuhpuluh musim (HR. Muslim)

    Inilah keistimewaan ibadah puasa, yang tidak didapatkan pada ibadah-ibadah  lain, Allah akan menjauhkan kita dari siksaan api neraka sejauh 70 musim  atau 70 tahun. Ini baru sehari saja. Kalaulah kita mampu melaksanakan hingga 29 atau 30 hari, berarti Allah akan menjauhkan pelakunya dari api neraka sejauh 2100 musim atau 2100 tahun.

Kedua : Puasa adalah jalan menuju surga

     Rasulullah saw. bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim : Sesungguhnya di dalam surga nanti ada sebuah pintu  yang dinamakan ar-rayyan, dan orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa akan masuk  melalui pintu tersebut, dan tak seorangpun  yang bisa memasukinya selain mereka.

     Ar-Raiyyan adalah sebuah pintu khusus, dimana pintu itu,  hanya diperuntukkan kepada orang yang melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan. Ini adalah satu penghargaan yang luarbiasa diberikan oleh Allah swt. kepada mereka-mereka yang  menahan lapar dan dahaga dengan mengharapkan ridha  Allah Subhanahu wa Ta'ala

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketiga : Puasa akan menjadi syafaat pada hari kiamat

     Sebagaimana pernyataan Rasulullah dalam Hadits riwayat Imam Ahmad : ‘Puasa dan al-Qur’an dapat memberi syafaat bagi seseorang  hamba dihari kiamat. Puasa akan berkata  ya Rabb, aku telah mencegahnya dari makan dan syahwatnya disiang hari, maka berilah syafaatku kepadanya, al-qur’an berkata: aku telah mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka berilah syafaatku kepadanya”.

     Syafaat artinya pertolongan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hambanya karena prestasi ibadah yang dilaksanakannya. Satu diantaranya adalah ibadah puasa seorang  hamba yang dilaksanakan dibulan ramadhan ini, sebab disiang hari dia menahan lapar dan dahaga, sedangkan dimalam hari dia sedikit tidur karena melaksanakan ibadah shalat tarawih dan bangun diakhir malam untuk makan sahur.

Keempat : Puasa sebagai tebusan terhadap dosa

Dalam hal ini Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang berpuasa ramadhan dengan sepenuhnya iman dan kesungguhan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang  telah lalu (HR. Bukhari dan Muslim)”

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tentunya, dosa yang dimaksud adalah dosa semuanya, baik dosa besar apalagi dosa kecil, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, baik yang disadari maupun tidak disadari. Kecuali dosa  syirik yang masih tetap dilakukan. Sebab barang siapa yang melakukan dosa syirik sampai terbawa mati, maka Allah mengharamkan baginya untuk masuk syurga. Sebagaimana firman Allah : “Barangsiapa yang telah berbuat syirik, maka akan terhapuslah semua amalan-amalan yang telah dilakukannya, dan dia termasuk orang-orang yang merugi (QS. Azzumar ayat 65)”

Kelima : Disisi Allah bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari minyak kasturi

Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda :

“Demi jiwa Muhammad berada ditangannya, sesungguhnya  bau mulut orang yang berpuasa itu lebih disukai oleh Allah daripada minyak kasturi (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)”.

Sungguh  besar perhatian Allah kepada orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini, sampai bau mulutpun  diberi penghargaan.

Keenam : Puasa akan mengantarkan kepada kebahagiaan dunia dan akhirat

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kalaulah Allah telah mengampuni dosa orang yang berpuasa, kemudian memberikan syafaat kepadanya, tentulah kebahagiaan dunia dan akhirat akan dapat dicapainya, sebagaimana janji Allah yang disampaikan oleh Rasulullah dalam Hadits riwayat Bukhari dan Muslim : “ Ada dua kegembiraan bagi orang-orang yang berpuasa, yaitu kegembiraan saat berbuka puasa dan kegembiraan saat berjumpa dengan Allah di akhirat kelak”.

Kegembiraan saat berbuka hanya akan dirasakan oleh setiap orang yang berpuasa, apakah dia sebagai seorang hartawan, dimana hidangan makanannya serba ada, juga kebahagiaan ini akan dirasakan oleh seorang miskin papa, sewalaupun hanya berbuka dengan hidangan seadanya.

Di akhirat kelak, bagi penduduk syurga tidak ada kegembiraan yang dapat melebihi kegembiraan berjumpa langsung dengan Allah’ mereka melihat wajah Allah dengan penuh kepuasan, itulah  puncak dari kegala kenikmatan.

Wallaahu a’lam

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh: Andi Admiral Wacana pengalihan dana subsidi BBM oleh pemerintahan Jokowi-JK telah menjadipolemik di tengah masyarakat. Di satu sisi, kebijakan tersebut akan diikuti dengan...

Sudut Pandang

(Fachrunnas) Menulis merupakan kegiatan positif mulai dari merekam hidup, menuangkan ide, hingga kegiatan reportase. Bahkan,beberapa tokoh dunia menganggap kemampuan menulis merupakan bentuk pembuktian kecerdasaan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Pentingnya menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) oleh Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) SKPD agar memudahkan ketika masyarakat meminta informasi. Karena masyarakat berhak...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.- Masyarakat Madani Institut (MMI) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, menggelar workshop bagi guru agama tingkat sekolah pertama...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.com.- Dealer Astra Motor Honda Bima, Minggu (24/2/2013) memberikan pelayanan bagi pelanggan atau customernya, khususnya pengguna Honda Vario Techno 125. Kegiatan yang...