Connect with us

Ketik yang Anda cari

Dari Redaksi

Bersihkan Harta!

Kewajiban umat Islam yang mampu pada akhir Ramadan adalah membayar zakat, fitrah dan maal. Seminggu terakhir, panitia pada berbagai wilayah di Kota dan Kabupaten Bima memantapkan persiapan untuk mengumpulkannya. Bahkan, sudah ada yang menyerahkannya kepada mereka yang berhak menerimanya (mustahiq).

Aspek yang perlu diingatkan adalah vitalnya  zakat dalam pesan Islam. Dalam sejumlah ayat Al-Quran, perintah kewajiban shalat kerap beriringan dengan perintah membayar zakat dan sedekah. Ini berarti bahwa amal kebaikan seseorang yang menuntunnya ke jalan Ilahi, tidak hanya shalat saja. Ia hanyalah satu diantara sekian amal shalih lainnya. Meskipun, terang-benderang dinyatakan bahwa sisi shalat merupakan ibadah khusus yang pertamakali dihisab.      

Semua amal dan ibadah Ramadan yang selama ini digairahkan oleh umat Islam adalah ekspresi ‘ibadah ritual’ atau aspek kesalehan pribadi melalui zakat dan sedekah. Dalam bahasa lainnya, kesalehan pribadi mesti dilanjutkan dengan kesalehan sosial agar kehadiran Muslim bermakna.

     Membayar zakat juga merupakan ibadah yang menyucikan harta seseorang. Dalam  konsep Islam, dalam harta seseorang ada sebagian hak orang lain (kaum miskin) yang perlu ditunaikan. Mereka yang enggan membayarnya diingatkan oleh agama. Sahabat Abubakar As-Sidik—pria kalem nan lemah-lembut itu—menampakkan ekspresi ketegasannya terhadap mereka yang enggan membayar zakat dengan hunusan pedang.    

Pengaruh zakat dalam kehidupan  sosial sangat penting. Potensinya di Indonesia, misalnya, bisa menjadi satu kekuatan  untuk memberdayakan umat. Ada yang mengimpikan, jika zakat bisa dimaksimalkan pengumpulan dan pengelolaannya, maka akan banyak hal yang bisa dilakukan.  Gambaran paling mudah adalah ibarat melempar batu ke tengah telaga bening. Dimulai dari satu titik, kemudian menyebar dan membesar hingga membentuk lingkaran yang lebih luas.

Nah, jangan sampai harta umat Islam masih menyimpan ‘daki berkarat’ yang tidak sempat tersucikan hanya karena kecongkakkan hati menerabas syariat. (*)        

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

  Kota Bima, Bimakini.-  Seminggu sudah berlalu sejak banir bandang pertama menerjang dan meluluhlantakkan Kota Bima, telah menyikan banyak kepedihan dan derita bagi mayarakat....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.-Komunitas Sarangge Mbozo (KSM) memrogramkan kegiatan kampanye kebersihan. Temanya ajak membudayakan hidup indah. Seperti yang dilakukan di areal Paruga Nae, Minggu sore.

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Pembersihan lingkungan terus dilakukan  oleh anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Bima. Selasa (22/1) siang, mereka membersihkan sejumlah lokasi di pasar Raya...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.-Pascasorotan mengenai genangan air pada sejumlah titik di pusat pertokoan Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Dinas Kebersihan, Pemakaman, dan Pertamanan (DKPP) beserta...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Jiwaku bersih, kotaku bersih. Begitu salahsatu visi anggota Linmas Inti Kota Bima saat membersihkan tumpukan sampah yang membukit di sungai jembatan...