Pemerintahan

DPU Akui Dana Pembangunan Kantor Pemkab Bima belum Jelas

Bima, Bimakini.com.-  Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bima mengaku belum mengetahui total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan 32 satuan kerja perangkat daerah dan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima di Kecamatan Woha. Hingga kini, pembangunan kantor itu masih tahap perencanaan dan pembebasan lahan.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, H. Abdul Wahid, ST, mengatakan, total anggaran untuk keperluan pembangunan Kantor Pemkab masih ngambang dan belum diketahui, karena masih disiapkan oleh konsultan dari Bandung yang ditetapkan pemerintah. “Berapa jumlah pagu-nya kami juga belum tahu pastinya, karena masih tahap perencanaan,” katanya di DPU Kabupaten Bima, Senin.

Dikatakannya, sesuai disain dan rencana  yang ditetapkan pemerintah, total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan kantor Pemkab, mushalla, taman, tempat parkir, aula, Paruga Parenta dan 32 SKPD sebanyak 128 hektare (Ha). Enam Ha di antaranya untuk Setda sudah ditimbun.

      Diakuinya, pemerintah juga belum menetapkan nilai pembebasan lahan, karena masih melobi masyarakat. Namun, jika merujuk nilai pembebasan lahan induk  6 Ha nilainya Rp3 juta/are. “Kalau untuk kebutuhan seluruhnya 128 hektare, yang jelas pembebasan dan pengerjaannya bertahap,” katanya.

     Wahid mengaku tidak mengetahui spesifikasi dan tinggi timbunan lahan induk Kantor Pemkab, namun dipastikan pekerjaan itu belum rampung dan ditargetkan selesai akhir tahun karena kondisi cuaca. 

      Mengenai disain dan struktur bangunan, pemerintah akan merujuk gambar awal yang sudah dipanjang pada baligo di lokasi pembangunan. “Paling nanti yang diperbaiki hitungan konstruksinya/spinnya. Pengerjaan per paket, karena menyesuaikan ketersediaan anggaran, hingga pemerintah daerah masih berupaya melobi pemerintah pusat, mungkin nanti realisasinya melalui DAK atau pun DAU, rencana satu paket untuk tahun ini mungkin ada 20 miliar,” ujar alumnus LPPU UNDIP Semarang ini.

   Sebelumnya, sejumlah warga dan organisasi non-pemerintah  mendesak pemerintah agar menyiapkan informasi untuk publik, detail anggaran dan item pekerjaan rencana pembangunan kantor Pemkab Bima. (BE.17)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top