Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Kakanwil Kemnag NTB Safari Ramadan di Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.-  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemnag) Provinsi NTB, Drs. H. Usman, Rabu (1/8) melakukan safari ramadhan di Kota Bima yang dipusatkan di masjid Abu Dzar Al-Gifary Ponpes Al-Husainy. Safari itu juga diikuti seluruh pejabat lingkup Kanwil Kemnag Provinsi NTB yang meliputi Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Sub-Bagian (Kasubag).

Usman mengaku bahwa safari dilakukan sejak  Jumat (28/7) lalu diawali di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Sumbawa, Dompu, Kabupaten Bima dan terakhir di Kota Bima. Safari di wilayah Kabupaten Bima dipusatkan di Kecamatan Sape, saat itu  diserahkan bantuan untuk madrasyah, pesantren, masjid dan lainnya sebesar Rp1,5 miliar. Untuk wilayah Kota Bima sebesar Rp912.500.000.

     Dikatakannya, perbedaan jumlah bantuan itu disebabkan karena luas wilayah kedua daerah sangat berbeda, apalagi husus wilayah Kabupaten Bima memang saat ini membutuhkan dana pembinaan dalam rangka membangun masyarakat untuk bisa hidup berdampingan, menjaga Kamtibmas dan tidak saling bermusuhan yang berakibat pada perang saudara.

“Kota Bima yang memang wilayah kecil selalu dalam keadaan kondusif dan pembinaan tidak terlalu membutuhkan biaya yang terlalu besar,” katanya.

          Pada kesempatan itu, Usman mengajak masyarakat Kota Bima membangun kebersamaan antaragama maupun interagama  untuk membangun daerah yang lebih maju. Saat Ramadan, mengimbau umat Islam meningkatkan silaturahmi untuk menjalin dan menjaga ukhuwah, karena saat ini  pada beberapa daerah banyak diantara umat Islam yang tidak saling bertegur-sapa.

“Kalau ini sudah terjadi saya yakin kita semua pasti akan sedih, saya mau masyarakat Kota Bima tetap menjaga hubungan emosional dengan sesama, tidak saling menyakiti dan selalu meningkatkan silaturahmi,” ungkapnya.

    Kebersamaan itu, katanya, jangan hanya dijalin saat bulan puasa saja, namun juga pada bulan lain sebagai bentuk persatuan umat Islam untuk selamanya.

Dia mengharapkan agar ke depan masyarakat Kota Bima bisa terus menjaga ketertiban dan keamanan dalam rangka membangun peradaban dan kebudayaan yang religius. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

SAYA tidak punya pengalaman yang cukup untuk menulis tentang olah raga. Sejak pertama menjadi wartawan pun, saya lebih banyak menjadi wartawan bisnis, walau kadang...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...