Pemerintahan

Kota Bima Menuju Penghargaan Adipura

Kota Bima, Bimakini.com.-  Kota Bima telah melewati dua kali tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim Adipura dan dinyatakan lolos atau sesuai kriteria. Namun, masih ada satu tahapan penilaian yang harus dilewati. Nah, jika tahapan penilaian akhir Kota Bima mampu melewatinya, diperkirakan Kota Bima bakal menyabet Adipura.

Demikian disampaikan Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, H. A. Rahman, SE, Senin (6/8) malam saat safari Ramadan di Kelurahan Lampe.

Dijelaskannya, proses penilaian dilakukan secara tertutup, pemerintah dan masyarakat tidak mengetahuinya. Tim menilai dia-diam sehingga apa yang dinilai bukan rekayasa dan bukan objek penilaian yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat. Hanya tinggal satu langkah lagi Kota Bima bisa meraih penghargaan itu, namun itu bisa diwujudkan jika ada kerjasama dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

     Rahman mengingatkan, pemerintah tidak selamanya bisa mengurus daerah ini seperti masalah kebersihan, namun harus ada campur-tangan masyarakat sebagai mitra. Masyarakat hanya sadar agar mengubah pola hidup bersih, sampah tidak dibuang pada sembarangan tempat, setiap hari atau pekan mengagendakan kegiatan gotong- royong.

“Kalau semua harus diurus oleh pemerintah sementara masyarakatnya hanya diam saja, saya yakin apa yang dicita-citakan di daerah ini sulit untuk diwujudkan, termasuk meraih Adipura,” ungkapnya.

     Politisi PDK ini optimis Kota Bima bisa meraih penghargaan itu, namun menyadari bahwa pada beberapa sektor penilaian Kota Bima masih ada kelemahan. Dia meminta masyarakat bisa membantu mewujudkannya. Kelemahan itu bisa diatasi jika masyarakat mau bersatu membangun kebersamaan guna memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan.

 “Kalau kita sama-sama memiliki tanggung jawab atas kebersihan daerah ini, saya yakin dinilai dala bentuk apapun dan kapanpun Kota Bima pasti bisa meraih penghargaan Adipura,” ujarnya.

     Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi petugas kebersihan, terutama yang menyapu jalan, sebab kinerjanya bisa membawa Kota Bima bisa lolos dua tahap penilaian. Rahman mengajak seluruh masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan menyukseskan cita-cita meraih penghargaan Adipura. (BE.18)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top