Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kota Bima Menuju Penghargaan Adipura

Kota Bima, Bimakini.com.-  Kota Bima telah melewati dua kali tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim Adipura dan dinyatakan lolos atau sesuai kriteria. Namun, masih ada satu tahapan penilaian yang harus dilewati. Nah, jika tahapan penilaian akhir Kota Bima mampu melewatinya, diperkirakan Kota Bima bakal menyabet Adipura.

Demikian disampaikan Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, H. A. Rahman, SE, Senin (6/8) malam saat safari Ramadan di Kelurahan Lampe.

Dijelaskannya, proses penilaian dilakukan secara tertutup, pemerintah dan masyarakat tidak mengetahuinya. Tim menilai dia-diam sehingga apa yang dinilai bukan rekayasa dan bukan objek penilaian yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat. Hanya tinggal satu langkah lagi Kota Bima bisa meraih penghargaan itu, namun itu bisa diwujudkan jika ada kerjasama dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Rahman mengingatkan, pemerintah tidak selamanya bisa mengurus daerah ini seperti masalah kebersihan, namun harus ada campur-tangan masyarakat sebagai mitra. Masyarakat hanya sadar agar mengubah pola hidup bersih, sampah tidak dibuang pada sembarangan tempat, setiap hari atau pekan mengagendakan kegiatan gotong- royong.

“Kalau semua harus diurus oleh pemerintah sementara masyarakatnya hanya diam saja, saya yakin apa yang dicita-citakan di daerah ini sulit untuk diwujudkan, termasuk meraih Adipura,” ungkapnya.

     Politisi PDK ini optimis Kota Bima bisa meraih penghargaan itu, namun menyadari bahwa pada beberapa sektor penilaian Kota Bima masih ada kelemahan. Dia meminta masyarakat bisa membantu mewujudkannya. Kelemahan itu bisa diatasi jika masyarakat mau bersatu membangun kebersamaan guna memiliki rasa tanggung jawab terhadap kebersihan.

 “Kalau kita sama-sama memiliki tanggung jawab atas kebersihan daerah ini, saya yakin dinilai dala bentuk apapun dan kapanpun Kota Bima pasti bisa meraih penghargaan Adipura,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Pada kesempatan itu, dia mengapresiasi petugas kebersihan, terutama yang menyapu jalan, sebab kinerjanya bisa membawa Kota Bima bisa lolos dua tahap penilaian. Rahman mengajak seluruh masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan menyukseskan cita-cita meraih penghargaan Adipura. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  ‘’SAYA mau tes daya ingat pak KMA,’’ katanya kepada saya suatu waktu. KMA itu, singkatan nama saya. Belakangan, semakin banyak kawan yang memanggil...

CATATAN KHAS KMA

SAYA belum pernah alami ini: handphone tidak bisa dipakai karena panas. Bukan hanya sekali, Tetapi berkali-kali. Juga, bukan hanya saya, tetapi juga dua kawan...

CATATAN KHAS KMA

CATATAN Khas saya, Khairudin M. Ali ingin menyoroti beberapa video viral yang beredar di media sosial, terkait dengan protokol penanganan Covid-19. Saya agak terusik...

Berita

SEPERTI biasa, pagi ini saya membaca Harian  BimaEkspres (BiMEKS) yang terbit pada Senin, 10 Februari 2020. Sehari setelah perayaan Hari Pers Nasional (HPN). Mengagetkan...

CATATAN KHAS KMA

ADALAH Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI) NTB pada 7 Desember 2019 lalu, mencanangkan gerakan Save Teluk Bima. Kegiatan dua hari itu, menjadi heboh...