Politik

Kualitas Pemilih Pemula Perlu Ditingkatkan

Bima, Bimakini.com.-  Lomba pidato antarpelajar SMA/SMK  bertema tentang Pemilu dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Senin. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemilih pemula. Lomba  diikuti 17 peserta, sedangkan yang diundang 65 sekolah.

Juara pertama lomba tersebut diraih Ayu Ramdani (siswi SMAN 1 Wera), disusul Naila Faiziah (SMAN 1 Woha), dan Uswatun Khasanah  (SMAN 1 Wawo).

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila, S.IP, MM, mengatakan lomba pidato kepemiluan antarpelajar bertujuan agar pemilih pemula lebih cerdas. Apalagi, jumlah pemilih pemula di Kabupatten Bima mencapai 20 persen. “Ini jumlah yang sangat signifikan dan dapat memengaruhi pemimpin yang akan terpilih ke depan,” katanya kepada Bimakini.com di secretariat KPU Kabupaten Bima, Senin (6/8).

Pemilih pemula ini, kata dia, tidak hanya akan menjadi pemilih cerdas, namun juga akan dipilih pada proses Pemilu. Kecerdasan pemilih dalam proses politik diharapkan akan melahirkan pemimpin cerdas. “Kalau pemilihnya cerdas, maka pemimpin yang terpilih juga cerdas. Itu hanya terwujud, jika memilih dengan nurani,” katanya.

     Lomba pidato ini, kata dia, menjadi salah satu upaya menumbuhkan kesadaran sebagai pemilih cerdas, terutama kalangan pemula.

      Direncanakan pada akhir tahun ini, KPU Kabupaten Bima akan menggelar lomba cerdas-cermat tentang kepemiluan. Sebelumnya telah digelar kegiatan trainer of trainer (TOT) bagi guru PKn se-Kabupaten Bima.

      Selain tiga juara utama, dipilih juga tiga harapan pada lomba pidato tersebut, Nadia Puspita  (SMKN 3 Bima) sebagai juara harapan satu, disusul R Kuswanto  (SMA Darul Husna Ambalawi) dan Ismiati Asmin (SMAN 2 Wawo). Mereka akan menerima hadiah saat upacara 17 Agustus. Kemarin KPU hanya menyerahkan piagam. (BE.16)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top