Pendidikan

MAN 3 Gelar Lomba Ceramah Agama

Kota Bima, Bimakini.com.-   Pembinaan keimanan dan ketakwaan (Imtaq) internal terus dilakukan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kabupaten Bima. Selain itu, mengagendakan lomba ceramah agama bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMPN), Rabu (8/8) besok.

Ketua Panitia Kegiatan Imtaq dan Lomba MAN 3 Kabupaten Bima, Yunus, S.Ag, menjelaskan, lomba ceramah sengaja digagas untuk memantik perhatian dan kecintaan siswa terhadap Agama Islam. Selain itu, diharapkan membentuk karakter positif dan meningkatkan pengetahuan keagamaan siswa. “Rencananya lomba hanya digelar sehari. Sasaran utamanya siswa sekolah di Bolo, Madapangga, Soromandi dan sekolah lain yang berminat,” katanya di MAN 3, Senin.

Diakuinya, sejak 30 Juli lalu, seluruh siswa setempat diarahkan mengikuti sejulmah kegiatan Imtaq seperti ceramah agama, pencerahan, cerdas-cermat Al- Quran, Musyabaqah Quran, dan safari Ramadan. Sesuai rencana madarasah setempat, safari akan dilaksanakan pada kecamatan Bolo, Madapangga, dan Donggo.

      “Nanti penceramah akan melibatkan siswa yang punya motivasi tinggi dan memang kami pilih. Selain itu, juga guru. Satu harapan kami, siswa ramai-ramai hadir di masjid menghadiri safari,” katanya.

   Dikatakannya, sesuai rencana kegiatan Imtaq akan dilaksanakan hingga 11 Agustus, kemudian selama sepekan terakhir Ramadan siswa akan diliburkan dan aktif kembali pada 23 Agustus, sesuai kalender pendidikan. “Selama Ramadan, PBM kami liburkan dan diubah dengan pembinaan Imtaq. Kami mengacu kalender pendidikan dari Dinas Dikpora, meskipun memang kami bernaung pada dua instansi,” katanya.

     Pada bagian kesempatan yang sama, Wakil Kepala Urusan Kurikulum MAN 3, Yusuf, S.Ag, mengaku, belum lama ini siswa setempat meraih juara 2 bidang Fisika dan juara 3 Biologi saat Olimpiade Madrasah tingkat Provinsi NTB. “Selain itu, siswa kami raih juara satu CC UUD 1945 dan mewakili Kabupaten Bima pada tingkat Provinsi,” katanya. (BE.17)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top