Hukum & Kriminal

Mencuri Uang dalam Mobil, Dua Pemuda Sulawesi Diringkus

Kota Bima,Bimakini.com.- Dalam hitungan jam, dua pemuda yang diduga mencuri uang milik korban Hairunnas, pegawai Bank NTB senilai Rp5 juta, Kamis (2/8) pagi lalu sekitar pukul 09.30 WITA dibekuk aparat Kepolisian. Keduanya ditangkap di rumah oknum Ismail, warga Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Pihak Kepolisian menjelaskan, mereka yang ditangkap adalah Mustari (33), warga Desa Niranung Kecamatan Bontomaranu Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Faisal, warga Bontokopong,  Kabupaten Gowa ini, sekitar pukul 14.30 WITA.

Para pelaku mencuri uang milik Hairunnas yang disimpan dalam mobil Mistsubishi Kuda, saat diparkir  di depan loket penjualan tiket PO Surya Kencana. Saat kabur membawa hasil curian, beberapa warga sempat mengejar mereka.

 Saat itu dua pelaku berhasil lolos. Namun, warga sempat mencatat nomor plat sepeda motor  Supra X 125 yang digunakan pelaku, yakni EA 2619 XH dan mengenali ciri-ciri pelaku. Berbekal nomor plat itulah, aparat mendapatkan identitas pemiliknya atas nama Ahmad, warga Desa Tambe Kecamatan Bolo.

 ‘’Kita menghubungi Bagian Lalu Lintas, meminta agar melihat nomor plat EA 2619 XH, milik siapa. Sehingga kita mengetahui nama pemilik sepeda motor itu beserta alamat lengkapnya,’’ terang Kapolsek Rasanae Barat, AKP Nurdin Mansyur, Jumat (3/8) pagi.

Berdasarkan data itulah, kata Nurdin, anggota Buser Polsek Rasanae Barat ke lokasi  dan mengejar mereka. “Dua oknum itu kita tangkap saat berada di rumah Ismail, warga Desa Rasabou. Ismail yang menyewa sepeda motor milik Ahmad, dengan alasan untuk dagang bawang. Sepeda motor itu kemudian dipinjamkan pada dua oknum,’’ sebutnya.

Selain itu, aparat juga ikut mengamankan Ismail, menyita barang bukti uang Rp5 juta hasil curian dan sepeda motor Supra X 125 yang digunakan pelaku. “Uang 5 juta dicuri pelaku, merupakan uang lembaran seribu dan dua ribu perak. Sengaja ditukarkan korban Hairunnas atas permintaan temannya untuk persiapan Lebaran,’’ jelasnya.

Katanya, uang tersebut sebagian telah ditukar pelaku dengan lembaran Rp50 ribuan dan sebagian lainnya masih utuh. “Uang hasil curian itu sudah sempat dibagi-bagi oleh oknum,’’ ujarnya.

Dua oknum tersebut, lanjutnya, diduga sengaja datang di Sultan Square, lokasi Bank NTB untuk mengintip sasaran. Begitu melihat korban keluar dari Bank NTB menenteng tas dan naik mobil, mereka membuntuti.

“Pelaku menggunakan besi untuk merusak kunci mobil korban, sehingga bisa mengambil uang yang disimpan dalam mobil yang diparkir tersebut,’’ katanya. (BE.20)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top