Pemerintahan

Muhammad Rum Dilantik menjadi Sekda Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.-Wali Kota Bima, HM. Qurais, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima definitif, Ir. Muhammad Rum, di aula kantor Pemkot Bima, Rabu siang. Pelantikan itu, dihadiri Wakil Wali Kota Bima, anggota FKPD Kota Bima, sejumlah pejabat eselon II dan III, serta mantan Sekda Kota Bima, Drs. H. maryono Nasiman dan Drs. H. Tajudin.

Sebelumnya, ada tiga calon yang diajukan dan mengikuti uji kelayakan dna kepatutan di Pemprov NTB. Mereka adalah Rum, Rini Indriati, dan Muhaimin.

Saat itu, Qurais mengatakan meskipun baru berusia 10 tahun, namun kota bima memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan good governance. Satu  di antara prestasi yang tercatat baru-baru ini adalah keberhasilan ke luar dari status tanpa opni dari auditor (disclaimer)yang sudah diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuanganselama dua tahun.

Dikatakannya, satu di antara kunci keberhasilan tersebut adalah menempatkan orang-orang yang benar-benar mampu dan kompeten pada berbagai jabatan strategis. “Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, pengelolaan keuangan Kota Bima sudah semakin membaik,” ujarnya.

    Menurutnya, jabatan sesungguhnya adalah amanah dan kepercayaan yang diberikan. Tidak hanya dari atasan dan Pemerintah Daerah, namun juga masyarakat. Lebih dari itu, jabatan adalah amanah dari Allah SWT yang kelak akan dipertanggungjawabkan.

            Oleh karena itu, ingatnya, Rum disamping patut bersyukur karena telah mendapatkan kepercayaan, juga hendaknya bisa memegang dan melaksanakankepercayaan tersebut dengan sebaik-sebaiknya.

     Dijelaskannya, ada beberapa pedoman pelaksanaan tugas Sekda. Antara lain, harus senantiasa menjaga dan memertahankan integritas, loyalitas,dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab.

Saat melaksanakan tugas, ingatnya, hendaknya selalu mengidentifikasi masalah dan mengembangkan alternatif pemecahannya, serta menentukan alternatif terbaik berdasarkan asumsi-asumsi yang logis sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Katanya, seorang Sekda juga dituntut selalu meningkatkan kinerja pribadi, unit kerja maupun keseluruhan organisasi, termasuk di dalamnya melaksanakan tugas-tugas atau mendorong suatu cara kerja baru yang inovatif.

Sebagai seorang pimpinan, lanjut Wali Kota, Sekda harus mampu selalu menunjukkan perilaku sebagai seorang pemimpin yang beretika secara konsisten. Mampu menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil sebagai aparatur,dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. “Kita doakan bersama, insyaAllah Sekda yang sudah terpilih ini mampu melaksanakan berbagai tugas tersebut,” katanya.

Dia mengharapkann pengukuhan  Rum  itu semakin meneguhkan komitmennya untuk mengabdi kepada daerah dan masyarakat. Tentu saja dengan dukungan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat.

Diingatkannya, apapun tugas pemerintah yang diberikan, akan menjadi berkah apabila bisa dilaksanakan secara ikhlas disertai niat  beribadah, memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi umat, khususnya rakyat Kota Bima.

“Saya berharap kita semua dapat lebih meningkatkan kinerja dan prestasi,serta pengabdian kepada pemerintah dan rakyat,” harapnya. (BE.19)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top