Politik

PBB buka Kran Calon Wali Kota Bima

Kota Bima, Bimakini.com.- Pemilukada Kota Bima mulai mengental, meskipun sebagian figur dan Parpol masih tampak “malu-malu”. Mulai Senin ini, DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Bima mulai membuka kran pandaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima.

Ketua Tim penjaringan calon Wali Kota Bima PBB, Syamsuddin, S.Sos, mengatakan, pembukaan kran pendaftaran dilakukan setelah kesepatan pengurus internal partai dan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis), Petunjuk Pelaksanaan (Juklak), kran pendaftaran akan dibuka tiga pekan, 1 hingga 21 Agustus. “Setelah dibahas bersama, maka dihasilkan kesepatan kran pendaftaran kami buka mulai tanggal satu,” katanya di Monggonao, Rabu.

Dikatakannya, sesuai mekanisme dan ketentuan partai, tim penjaringan hanya berhak mengumpulkan membuka kran pendaftaran dan formulir, sedangkan pengerucutan dan penentuan akan dibahas dalam pleno DPC, kemudian diteruskan pada DPW dan DPP. “Kami bertugas hanya menjaring, bukan menyeleksi atau menggugurkan. Nanti figur akan dipilih atau dikerucutkan pada saat pleno, termasuk dari sayap yang mempunyai suara penentu nanti,” katanya.

Wakil Ketua PBB Kota Bima ini mengisyaratkan, sama seperti saat penjaringan calon Wali Kota Bima tahun lalu, secara umum Parpol akan mengusung figur yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas terhadap partai. Tidak hanya figur internal, kader PBB juga memiliki kesempatan yang sama bergantung hasil pleno nanti. “Termasuk yang kami jagokan Bapak Ketua Drs H Muhtar Yasin, M.AP, jadi internal partai dan kader memiliki kesempatan yang proporsional,” katanya.

Anggota tim penjaringan lainnya, Ir Muhlis menambahkan, jika nanti nanti sudah dikerucutkan saat pleno, tidak menutup kemungkinan partai mengusung paket calon atau perorangan maupun membuka koalisi dengan partai lain. “Sekarang pendaftaran juga bisa perorangan maupun paket, karrena keputusan akhir akan dikerucutkan saat pleno,” katanya. (BE.17)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
To Top