Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Penghuni Penampungan Penderita Kusta Terima ‘Bingkisan Ramadan’

Kota Bima, Bimakini.com.-   Warga penghuni penampungan penderita kusta di Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima dikunjungi pengelola Yuank Cafe didampingi komunitas BABUJU, Rabu (1/8) sore. Mereka  menyerahkan ‘Bingkai Ramadhan’ hasil pengumpulan saat gelaran Musik Amal Peduli Bima untuk warga penderita kusta, Sabtu (28/7) malam lalu.

Kunjungan itu dipimpin Anang, pengelola Yuank Cafe didampingi komunitas BABUJU.  Warga penderita kusta sebenarnya telah sembuh, namun masih terisolir dari kehidupan social.  

Koordinator BABUJU, Julhaidin, mengaku para penghuni  terharu menerima kedatangan belasan anggota BABUJU dan kru Yuank Café saat menjelang berbuka puasa. Saat itu disambut  Ismail (62), yang dituakan dan mantan penderita kusta yang telah menetap  di situ sejak 32 tahun silam. “Beberapa warga menyambut belasan anak muda yang membangun semangat hidup mereka,” katanya seperti dikutip dari babuju.com, Kamis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

      Ketika itu, katanya, Ismail  menjelaskan penghuni sekitar 46 jiwa atau 18 kepala keluarga. Pnderita yang kini telah sembuh sebanyak 15 orang, satu di antaranya meninggal setahun lalu.

       Berdasarkan pengakuan Tayeb (59), yang juga  imam mushola setempat, mereka berada di pemukiman tersebut sekitar 36 tahun lamanya, setelah pemerintah masa kepemimpinan Abdul Kahir mengumpulkan warga penderita dari berbagai wilayah. “Jika kami tidak salah ingat, sudah lebih kurang 36 tahun kami ditempatkan disini oleh Ama Ka’u Kahi dari berbagai kecamatan dan desa karena sakit kusta. Karena penyakit kami menular,” kisahnya dikutip Julhaidin.

      Dikatakannya, mereka sudah sembuh dari kusta dan tidak menular lagi karena dirawat oleh mantri yang ditugaskan khusus. Namun, karena stigma masyarakat bahwa kusta itu adalah penyakit menular dan berbahaya, sehingga masih dikucilkan oleh warga. “Masyarakat belum menerima kami seutuhnya, sehingga kami masih terisolir seperti ini” ucapnya.

      Julhaidin mengimbau para dermawan atau orang-orang yang peduli agar menyisihkan sedikit dari rezeki untuk kelanjutan hidup warga kusta di Panda. Setidaknya, ntuk merehab mushola yang kini sudah tidak layak untuk digunakan karena kayu penyangga dan atap lapuk termakan usia.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

       “Harapan para warga di sini adalah mushala bisa diperbaiki, karena hanya di sini tempat mereka memohon ampun dan bermunajat kepada Sang Khalik atas kehidupan mereka. Mereka akan sangat berbahagia dan senang bila mushala ini direhab dan direnovasi layaknya Rumah Allah,” katanya.

       Anggota BABUJU, Rifaid, mengatakan mushala itu merupakan tempat akhir bagi mereka memohon dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Hanya di mushala  itu mereka mengadu dan memohon pertolongan terhadap penderitaaan mereka.

       “Beberapa orangtua di sini mengharapkan agar mushala mereka dapat diperbaiki sehingga dapat dipergunakan sebagaimana layaknya mushala tempat menyembah Sang Pencipta,” ungkap Rifaid.

      Bagaimana reaksi  mantan penderita kusta? Hadijah (64), terharu menyambut kedatangan rombongan. Dia mengapresiasi dan terharu ketika Bingkisan Ramadan dari para dermawan dan  donator.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

       Dia mengaku mendapat bantuan dari pemerintah sebanyak 3 kilogram beras per orang selama sebulan, itu pun dibawakan sekali dalam tiga  bulan. Dari awal tahun hingga saat ini, katanya, diberi 15 Kg beras pada Mei lalu. “Selebihnya kami hanya bisa tanam ubi dan singkong di pinggir sungai sebelah pemukiman warga kusta,” ujarnya. (BE.19)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.-  Komunitas Tangan di Atas (TDA) Bima, berbagi ”Bahagia Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dalam Bingkai Ramadan” kembali digelar. Kali ini...

Dari Redaksi

Publik Mbojo kembali dikejutkan oleh sejumlah kejadian yang muaranya mengindikasikan kegagalan memaknai inti pesan Ramadan. Antara melalui ekspresi dua kubu yang selama ini terlibat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Dalam Rangkaian Bhakti Ramadhan Komunitas Pramuka Peduli kembali menyalurkan bantuan Al – Quran. Bantuan Al – Quran yang diserahkan secara langsung oleh...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Sebanyak 220 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Muku Desa Sanolo Kecamatan Bolo, menerima bantuan Air Minum dalam Kemasan, Senin (14/9/2015) sore. Bantuan...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Hingga kini, Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima belum menerima salinan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) pasangan calon Bupati dan...