Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

PHBI Agendakan Pawai Takbir dan Obor

Kota Bima, Bimakini.com.-    Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima h mengagendakan pawai takbir dan pawai obor pada akhir Ramadan nanti. Sejak empat tahun terakhir tradisi itu tidak dilakukan lagi, sehingga nuansa penyambutan Idul Fitri tidak dirasakan.

Ketua PHBI Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag, menjelaskan  padahal pawai takbir itu menandakan kebahagiaan umat Islam yang melaksanakan puasa dan akan meraih hari kemenangan dengan segala janji Allah. “Dua tahun terakhir PHBI selalu mendapat kritikan karena tidak menyelenggarakan pawai tersebut,” katanya Kamis (2/8) di kantor Kemnag Kota Bima.

Ahmad mengaku pawai itu bukan hanya sebagai seremonial belaka, namun juga gema takbir akan diberikan penilaian dan hadiah oleh panitia penyelenggara. Masing-masing kelurahan dan berbagai organisasi diharuskan mendaftarkan diri pada panitia untuk mendapatkan nomor peserta. “Pawai takbir dan obor tahun ini kami rancang beda, karena ada penilaian untuk peserta terbaik dalam kegiatan itu untuk diberikan penghargaan,” ujarnya.

      Mengenai konsep kegiatan, katanya, sebagian peserta dan masyarakat dari Kecamatan Raba dan Rasanae Timur akan diberangkatkan dari lapangan PRaba, sementara peserta dan masyarakat dari Kecamatan Mpunda, Rasanae Barat, dan Asakota akan diberangkatkan dari lapangan Merdeka. Kedua rombongan akan bertemu di halaman kantor Pemkot Bima.

       “Gambaran bidang penilaian melipti keseragaman bentk obor, gema takbir yang dikumandangkan dan kekompakkan selama mengikuti pawai,” katanya.

          Diingatkannya pawai tidak menggunakan kendaraan, sementara pengeras suara bisa diangkut melalui gerobak yang didorong. Tidak hanya itu, diberi kebebasan merancang jenis obor sehingga menampakan keindahan.

       Ahmad juga melaporkan dalam waktu dekat, PHBI juga akan menyelenggarakan Nuzulul Quran tingkat Kota Bima yang dipusatkan di halaman kantor Pemkot Bima.

       Dia mengimbau dan mengajak masyarakat Kota Bima mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka meraih derajat terbaik selama Ramadan. Dia juga mengharapkan dukungan Pemkot Bima untuk kesuksesan kegiatan itu. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah, Pengurus Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Bolo menggelar Pawai Parade Tauhid, Jalan Sehat, dan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...