Pendidikan

Praktik Lapangan Praja IPDN Berakhir

Kota Bima, Bimakini.com.-  Hari ini, sebanyak 149 Muda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang praktik lapangan pada sejumlah kelurahan di Kecamatan Mpunda dan Asakota, mengakhiri kegitannya. Mereka akan dilepas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui upacara di halaman kantor Pemkot Bima, Selasa ini.

“Para Muda Praja IPDN telah menyelesaikan praktik lapangan I di Kota Bima. Hari ini, mereka dilepas Pemkot melalui upacara resmi,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Muhammad Hasyim, S.Sos, SH, M.Ec.Dev, di kantor Pemkot Bima, Senin (6/8).

Para Muda Praja IPDN itu, katanya, melaksanakan praktik lapangan pada sejumlah kelurahan di Kecamatan Mpunda dan Asakota, selama dua minggu sejak tanggal 25 Juli 2012 lalu. Mereka telah menunjukkan kontribusinya selama  melaksanakan praktik.

     Kendati dalam bulan Ramadan, terang Hasyim, mereka bersama masyarakat dan aparatur pemerintah bisa membenahi berbagai hal. Terutama prosedur dan administrasi kantor kelurahan dan  organisasi di kelurahan.

     Diakuinya, mereka juga banyak membantu pemerintah, menyuluh masyarakat tentang program Pemkot dalam mewujudkan Kota Bima Berteman (Bersih, Tertib, dan Aman). Melalui penyuluhan, anjangsana, dan demonstrasi kegiatan. “Selama ini mereka tinggal di rumah penduduk. Mereka pandai bergaul dan memberi contoh yang baik kepada warga,” terang Hasyim.

      Seperti diberitakan sebelumnya, Kota Bima terpilih sebagai daerah tempat dilaksanakan praktik lapangan Muda Praja IPDN Tahun Akademik 2011/2012. Mereka diantar Rektor IPDN dan diterima Wali Kota Bima, HM. Qurais.

       Kegiatan praktik lapangan, merupakan wujud implementasi Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya darma pengabdian pada masyarakat. Tujuannya agar setiap muda praja mengetahui, mengenal, dan membantu berbagai aktivitas kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan lokasi praktik sesuai program dan kegiatan pemerintah daerah dan lembaga. (BE.19)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top