Hukum & Kriminal

Waspada, Kasus Curanmor di Dara Kerap Terjadi

Kota Bima, Bimakini.com.- Kelurahan Dara Kecamatan rasanae Barat Kota Bima, merupakan salahsatu wilayah yang dijadikan sasaran empuk pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor). Beberapa hari terakhir, tiga unit sepeda motor raib dibawa kabur pencuri.

Kasus kehilangan itu, terjadi setelah satu unit sepeda motor jenis Jupiter MX milik  warga setempat, Muhammad, SE. Kemarin malam, dilaporkan kehilangan sepeda motor jenis yang sama dan Suzuki satria 125 D.

Menurut Muhammad, Kelurahan Dara sangat rawan terhadap aksi pencurian. Masyarakat diharapkan waspada dan meningkatkan pengamanan lingkungan ekstra ketat, karena kasus pencurian bisa terjadi kapan saja.

Karena sering kecolongan, dia mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan melalui ronda malam. Apalagi, menjelang Idul Fitri 1433 Hijriyah, sangat rawan akan aksi kejahatan.

Dikatakannya, kemarin malam di lingkungan Bina Baru kelurahan setempat, aksi Curanmor kembali terjadi. Hal itu karena kelengahan masyarakat dalam mengamankan lingkungan terhadap orang asing. Pihak Kelurahan harus mengetatkan pengawasan terhadap seluruh warga, termasuk warga baru atau orang asing yang masuk di Kelurahan Dara sebagai bagian dari kewaspadaan dini terhadap aksi kejahatan. “Kami akan melakukan pengamanan yang lebih intens, karena saya melihat wilayah kami menjadi sasaran empuk bagi pencuri untuk melakukan aksi kejahatannya,” ujarnya, Senin (6/8) di Kelurahan setempat.

          Kendati Kelurahan Dara didomisili berbagai macam etnis, tidak seharusnya menjadi sasaran pencurian. Hal tersebut, bisa disebabkan kelalaian masyarakat setempat atau kelengahan, namun itu tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Muhammad mengaku, bersama pihak kelurahan dan seluruh perangkatnya telah mengadakan rapat koordinasi (Rakor) untuk mengamankan lingkungan. Selama ini, masyarakat kerap mengeluhkan terjadinya aksi pencurian. “Kami akan mengaktifkan kembali ronda malam bergilir seperti dulu, sebagai langkah untuk pengamanan lingkungan. Apalagi, beberapa minggu ke depan akan lebaran,” katanya.

         Tidak hanya itu, Kepolisian dan Sat Pol PP Kota Bima, diharapkan melakukan patrol keliling kelurahan sebagai bentuk pengamanan terhadap aksi kejahatan, sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Menurutnya, patroli sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan dan  pelaku kejahatan secepatnya bisa dibekuk. (BE.18)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top