Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Arus Balik Lebaran, Penumpang Kapal Naik 10 Persen

Kota Bima,-Bimakini.com.-   Arus balik melalui laut  pada Idul Fitri tahun ini meningkat sebesar 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Jumlah itu ditandai banyaknya penumpang kapal Bima-Makassar di pelabuhan Laut Bima dalam beberapa waktu terakhir.

Peningkatan jumlah penumpang kapal pada arus balik pasca-Idul Fitri tahun 2012 ini, diakui Kepala Pelni Cabang Bima, Rosman J. Hasibuan, kepada wartawan di ruangan kerjanya. “Dibanding tahun lalu, tahun ini ada lonjakan jumlah penumpang kapal. Namun, semuanya terakomodir,’’ katanya, Senin lalu.

       Katanya, peningkatan arus balik melalui laut itu dampak dari perubahan rute pelayaran KMP Wilis, dengan pelayaran langsung Bima-Makassar Pergi-Pulang (PP), tanpa melewati rute lain seperti sebelumnya melalui Benoa, Bali, dan wilayah Timur seperti Labuan Bajo dan lainnya. “Sejak H-5 hingga H+5, sudah tujuh kali pelayaran menggunakan empat armada kapal, yakni KMP Wilis, Tilongkabila, Awu, dan Kelimutu,’’ ujarnya.

       Dijelaskannya, pelayaran KMP Awu  pada tanggal 14 Agustus. Jumlah penumpang turun saat itu sebanyak 221 orang, penumpang naik 749 orang. Kemudian tanggal 16 Agustus, KMP Tilongkabila, penumpang turun 33 orang, sedangkan penumpang  naik 421 orang. Tanggal 19 Agustus, penumpang turun 138 orang dan untuk penumpang naik sebanyak 607 orang. KMP Willis  tanggal 20 Agustus lalu, penumpang turun sebanyak 284 orang dan penumpang naik 461 orang. Pada pelayaran hari yang sama oleh KMP Awu untuk penumpang turun sebanyak 121 orang dan penumpang naik sebanyak 79 orang.

       Dikatakannya, untuk pelayaran  tanggal 22 dan 26 Agustus tambahnya,  KMP Kelimutu dan KMP Awu. Jumlah penumpang turun sebanyak 538 orang, penumpang naik 1.089 orang. (BE.20)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

RINDU sudah sangat membuncah. Rindu se rindu rindunya. Tiada lagi yang bisa menghalangi. Pokoknya harus mudik tahun ini. Pun ketika pemerintah melambat-lambatkan liburan sekolah,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Empat dari enam nelayan asal Desa Rompo Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima akhirnya ditemukan selamat  Sabtu (21/10/2017) di perairan Komodo. Mereka  terapung tiga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Tim SAR Bima, Jumat (14/10/2016) malam, sekitar pukul 20.05 Wita meluncur ke lokasi karamnya Kapal Motor (KM) Dharma Kencana VIII di perairan...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Ini akibat dari musim kemarau panjang yang kini dialami masyarakat Kabupaten Dompu. Penurunan kapasitas air di wilayah itu kini hingga 40 persen.

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.- Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima tahun 2013 mencapai Rp7 miliar lebih dari asumsi sebelumnya Rp14,4 miliar lebih. Peningkatan itu karena...