Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Beranikah Wali Kota Menggeser Kasek yang Lama Menjabat?

Kota Bima, Bimakini.com.-  Akademisi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, Drs. Jasman, M.Pd, menilai masih banyak Kepala Sekolah (Kasek) di Kota Bima belum dimutasi dan rotasi, sedangkan masa jabatan mereka sudah relatif lama, bahkan puluhan tahun. Wali Kota Bima, HM. Qurais, seharusnya memrioritaskan pergeseran Kasek yang masa jabatannya sudah lama.

Dia menduga, masih banyaknya Kasek yang masa jabatannya sudah lama itu mengisyaratkan Wali Kota takut menggeser mereka ataukah ada hubungannya dengan kepentingan politik tahun 2013 mendatang. Seharusnya Wali Kota juga menggeser Kasek yang jabatannya sudah melampaui batas dalam rangka penyegaran dan perbaikan pendidikan.

“Kok masih banyak Kasek yang jabatannya sudah lama, bahkan ada yang dua periode belum juga diganti. Apakah ini untuk kepentingan 2013 mendatang?,” ujarnya Selasa (18/9) di kampus setempat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

     Dijelaskannya masa jabatan Kasek maksimal empat tahun dan dievaluasi, jika dalam jabatannya membawa mutu pendidikan yang lebih baik, maka  digeser ke sekolah yang belum maksimal meraih prestasi dan mutu. Dia tidak menyalahkan pelantikan beberapa waktu lalu, namun memertanyakan hingga saat ini masih banyak Kasek yang belum diganti, padahal masa jabatan mereka relatif lama.

    Diingatkannya, persoalan pendidikan bukan hal sepele, oleh karenanya Wali Kota harus bisa melihat berbagai aspek dan sisi lain. Jasman menginginkan ada perubahan dan warna baru bagi dunia pendidikan Kota Bima.

    Diakuinya, berdasarkan informasi yang diterimanya, sejumlah guru mengeluhkan masa jabatan Kasek pada beberapa sekolah. Wali Kota dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dikpora) harus bisa melihat dan merasakan kejenuhan guru, karena dikuatirkan akan berdampak pada penurunan mutu pendidikan. “Kalau mutu pendidikan kita menurun siapa yang akan bertanggung jawab, ini persoalan bagi SDM dan generasi mendatang,” ujarnya.

    Dia menilai, hingga saat ini belum ada realisasi pergantian Kasek yang masa jabatannya relatif lama, ini dikuatirkan menjadi kontroversi. Diingatkannya bahwa kedepan pendidikan Kota Bima harus lebih baik dari saat ini. Tidak boleh berdiam diri membangun dunia pendidikan yang lebih baik, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Beranikah Wali Kota menggeser Kasek yang masa jabatannya lama? Atau apakah ini ada hubungannya dengan suksesi 2013 mendatang,” tanyanya. (BE.18)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.com.- Asa dan karya pembangunan wilayah Kota Bima selama ini tidaklah sesuka hati.  Tetapi, merujuk pada kondisi ttopografi wilayah. Semua dibangun tanpa...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.com.- Warna-warni tembe nggoli (sarung khas Bima) menghiasi momentum pengenalan perdana (launching) rangkaian peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Bima, di halaman kantor...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kota Bima akan menjadi tuan rumah Penyelenggaraan Tinju Amatir Yunior and Youth Danrem Wira Bhakti.  Kejuaraan ini akan dilangsungkan 10 hHingga...

Politik

Kota Bima, Bimakini.com.- Eskalasi suhu politik prosesi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Bima, bukan saja dirasakan warga wilayah setempat. Tetapi, berimbas dan berpengaruh...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Dalam rangka Meningkatkan Pemahaman Keselamatan Berlalu Lintas,  Kamis (28/10/2015), Dinas Perhubungan bersama PT. Jasa Raharja Persero Bima  mengadakan acara sosialisasi Undang –...