Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Guru IPA SMPN 1 Wawo Siap Unjuk Kemampuan

Bima, Bimakini.com.- Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Wawo, Edy Ilhamsyah, S.Pd, kembali diuji kemampuannya pada lomba kreativitas dan inovasi guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat Nasional yang berlangsung di Jakarta 16-19 September 2012. Edy diantar keluarga besar SMPN 1 Wawo di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Sabtu lalu.

Dia akan bergabung dengan dua rekannya dari pulau Lombok untuk bersaing dengan guru seluruh Indonesia pada masing-masing bidang yang dilombakan.
    “Pada lomba tingkat nasional tahun lalu, Edy belum berhasil, tetapi tahun ini bertekad meraih juara,” ujar Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, S.Pd, M.Pd, di sekolah setempat, Senin (17/9).
Informasi terbaru dari Edy, katanya mulai memaparkan karyanya Senin kemarin. Puluhan guru IPA bersaing untuk merebut enam terbaik nasional. Apalagi, dia merupakan guru IPA satu-satunya di Kabupaten Bima dan NTB  yang akan berkompetisi dengan guru lain di Indonesia.
“Jajaran SMPN Wawo bangga dengan guru berprestasi, apalagi selama berada di Wawo sudah dua kali mewakili NTB dalam lomba kreatifitas dan inovasi guru IPA,” katanya.
Empat bulan lalu, kata Mulyadin, Edy juga meraih prestasi menggembirakan di Provinsi NTB dan hal yang lebih menggembirakan selama keberadaan di SMPN 1 Wawo, guru IPA itu sangat disenangi anak-anak karena cara mengajar dengan menggunakan metode Pembelajaran Aktif Inovatif Efektif dan Menyenangkan (Pakem).
    Cara itu, terangnya, diterapkan dalam proses pembelajaran. Ke depan diharapkan melahirkan inovasi baru. Apalagi mulai Januari 2013 akan dilakukan penilaian kinerja guru untuk proses kenaikan pangkat. “Jadi hanya guru-guru yang kreatif dan inovatif saja yang dapat menyongsong penilai kinerja guru dengan penuh percaya diri,” katanya.
    Dia mengharapkan dengan kebijakan yang kondusif memungkinkan guru dapat meningkatkan kompetensi, karena guru yang siap berkompetensi dengan baik yang dapat maksimal melayani siswa. “Karena pada hakikatnya guru dan Kepala Sekolah pelayan bagi siswa. Kita berharap dan berdoa semoga Edy Ilhamsyah dapat meraih prestasi terbaik mengharumkan SMPN 1 Wawo, Kabupaten Bima dan Provinsi NTB,” katanya. (BE.13)
 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

  NAMANYA Tengku Jubair. Rasanya agak asing juga, ada orang Bima yang yang namanya seperti itu. Anda tahu, nama itu biasanya dipakai oleh bangsawan...

CATATAN KHAS KMA

SEPERTI biasa, Ahad saya kerap mengikuti jalan pagi bersama Sahabat HMQ di bukit Jatiwangi. Keliling bukit dengan udara segar, pastilah sehat bagi kesehatan. Begitu...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Serikat Guru Indonesia (SGI) Bima menjalin kerja sama dengan penerbit SMI Yogyakarta untuk menerbitkan buku tulisan best practice guru. Pada 7 Februari...

Opini

Oleh: Eka Ilham, M.Si *)   RENDAHNYA alokasi anggaran pendidikan yang disediakan pemerintah negara berkembang, menjadi salah satu alasan klasik rendahnya daya dukung penyelenggaraan...